PENGARUH PENAMBAHAN EXTRA VIRGIN OLIVE OIL (EVOO) TERHADAP STABILITAS FISIKOKIMIA KRIM A/M PASTA TOMAT (Krim A/M Pasta Tomat sebagai Antiaging Topikal)

YUSVISCA NADHIRA KANZA, 051411131023 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN EXTRA VIRGIN OLIVE OIL (EVOO) TERHADAP STABILITAS FISIKOKIMIA KRIM A/M PASTA TOMAT (Krim A/M Pasta Tomat sebagai Antiaging Topikal). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FF.F. 61-18 Kan p Abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Fulltext)
FF.F. 61-18 Kan p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Extra virgin olive oil (EVOO) ditambahkan untuk meningkatkan stabilitas likopen pada pasta tomat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan EVOO (5% b/b pasta tomat) terhadap stabilitas fisikokimia krim A/M pasta tomat. Uji stabilitas fisikokimia yang dilakukan terdiri atas uji stabilitas realtime, thermal cycling, dan mekanik. Uji stabilitas realtime dilakukan dengan mengamati organoleptis, pH, daya sebar, ukuran droplet, tipe krim, dan kadar likopen dalam krim A/M pasta tomat selama 8 minggu penyimpanan pada suhu ruang. Uji thermal cycling dilakukan dengan menyimpan sediaan pada suhu 4⁰C selama 48 jam kemudian pada suhu 40⁰C selama 48 jam. Perlakuan tersebut adalah satu siklus. Pada penelitian ini uji thermal cycling dilakukan sebanyak 3 siklus. Uji mekanik dilakukan dengan melakukan sentrifugasi pada sediaan selama 5 jam dengan kecepatan 3750 rpm. Hasil uji stabilitas realtime menunjukkan bahwa penambahan EVOO mempengaruhi parameter organoleptis, pH, dan ukuran droplet sementara daya sebar, tipe emulsi, dan kadar likopen dalam krim A/M pasta tomat stabil. Hasil uji thermal cycling dan mekanik menunjukkan adanya pemisahan fase pada krim A/M pasta tomat tanpa atau dengan penambahan EVOO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF.F. 61-18 Kan p
Uncontrolled Keywords: Pasta tomat, Extra virgin olive oil, Stabilitas fisikokimia
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM
YUSVISCA NADHIRA KANZA, 051411131023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTutiek Purwanti, Dra., M.Si., Apt.UNSPECIFIED
Thesis advisorTristiana Erawati, Dr., M.Si., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Dec 2018 07:42
Last Modified: 28 Dec 2018 07:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item