ANALISIS EFEKTIVITAS KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PERUBAHAN ORGANISASI : STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG Y SURABAYA DI PT X

KHRISTA JAYA WARDHANI, 041524353016 (2018) ANALISIS EFEKTIVITAS KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PERUBAHAN ORGANISASI : STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG Y SURABAYA DI PT X. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak tahun 2016, penyesuaian PT X dalam menjawab kebutuhan kompleks nasabah bisnis dan tuntutan persaingan di industri perbankan berdampak juga pada perubahan penilaian kinerja dan penambahan fokus bisnis yang terjadi di dalam perusahaan, sampai ke level kantor cabang. Di tengah tantangan perubahan target di level cabang tersebut, kantor cabang Y Surabaya berhasil memenangkan predikat sebagai “Kantor Cabang dengan Konsistensi Pencapaian Kinerja Terbaik” serta menjadi kantor cabang dengan partisipasi paling aktif dalam Community of Practice di kantor wilayahnya, yang disusun oleh PT X sebagai bentuk knowledge management untuk menjawab kebutuhan kompetensi dan pengetahuan yang terus meningkat di dalam organisasi. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui studi kasus di cabang Y, dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap key informan cabang dan dokumentasi, yang secara lebih lanjut dianalisis dengan teknik open dan axial coding untuk mengidentifikasikan tema dan kategori yang muncul dan mempengaruhi implementasi knowledge management yang berjalan di cabang Y sebagai bentuk inisiatif pengembangan organisasi untuk menghadapi perubahan organisasi secara efektif. Secara lebih mendalam, analisis didasarkan pada model SECI yang telah digunakan sebagai kerangka KM di PT X, serta meninjau faktor kesuksesan KM, dan budaya organisasi di cabang yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi KM di cabang Y telah memenuhi keempat tahap model SECI, dengan titik berat masih bertumpu pada tahap socialization, dan faktor kesuksesan KM yang paling menonjol di cabang Y adalah pengaruh manajerial dengan adanya gaya kepemimpinan coach yang mendorong proses knowledge sharing. Selain itu, budaya cabang Y yang paling berpengaruh pada implementasi KM di cabangnya adalah kuatnya core values dan kepercayaan di antara karyawan akan pentingnya pengetahuan sebagai kunci efektivitas tim dan daya saing cabang. Meski demikian, hasil analisis implementasi KM di cabang Y juga menunjukkan bahwa implementasi KM di level cabang di PT X masih berfokus pada proses KM untuk knowledge sharing dan belum menjawab tujuan framework KM PT X secara keseluruhan untuk menghasilkan inovasi organisasi untuk mencapai kinerja organisasi, sehingga perlu dikembangkan dan diintegrasi lebih lanjut untuk menjawab tantangan eksternal perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 87/18 War a
Uncontrolled Keywords: perubahan organisasi, perbankan, organization development, knowledge management, knowledge sharing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1723 Bank stocks. Banking as an investment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
KHRISTA JAYA WARDHANI, 041524353016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFendy Suhariadi, Prof. , MT., PSiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2018 03:37
Last Modified: 31 Dec 2018 03:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77384
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item