PERILAKU KONSUMSI PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUL MANNAN STUDI PADA WARGA PEMUKIMAN MUSLIM BUKIT AZ – ZIKRA SENTUL BOGOR

ROGHIBA FIHI IMAM AKBAR, 041311433088 (2018) PERILAKU KONSUMSI PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUL MANNAN STUDI PADA WARGA PEMUKIMAN MUSLIM BUKIT AZ – ZIKRA SENTUL BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (100kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 110-18 Akb p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku konsumsi dalam Islam berusaha untuk mengurangi kebutuhan material manusia yang luar biasa sekali pada zaman ini, untuk menghasilakn energy manusia dalam mengejar cita-cita spiritualnya (Mannan, 1997:45). Sekarang ini sebuah kemajuan berarti semakin tinggi tingkatan hidup yang mengandung arti semakin meluasnya kebutuhan-kebutuhan yang akan menambah rasa ketidakpuasan dan kekecewaan akan hal hal sebagaimana adanya, sehingga nafsu untuk mengejar tingkatan konsumsi yang tinggi semakin bertambah. Objek penelitian perilaku konsumsi ini adalah warga Pemukiman Muslim Bukit Az – Zikra Sentul, Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumsi pada warga pemukiman Bukit Az – Zikra Sentul perspektif Muhammad Abdul Mannan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung, dokumentasi dan observasi. Setelah pengumpulan data, hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis domain untuk mendapatkan interpretasi yang tepat dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemukiman Bukit Az-Zikra berdampak pada perilaku konsumsi setiap warganya yang memenuhi prinsipprinsip konsumsi Muhammad Abdul Mannan. Hal itu dikarenakan pemukiman Bukit Az-Zikra menjadi pemukiman yang sangat kompleks dan bersinergi menjadi satu sistem pemukiman muslim yang baik bagi konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 110/18 Akb p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumsi, Masyarakat Urban, Muhammad Abdul Mannan, Pemukiman Muslim Bukit Az – Zikra Sentul.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROGHIBA FIHI IMAM AKBAR, 041311433088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAchsania Hendratmi., Dr , S.E., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:48
Last Modified: 02 Jan 2019 03:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item