EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) UNIT PEMASARAN V SURABAYA

DEWI YANUAR PUSPITA, 040419115 (2007) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) UNIT PEMASARAN V SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-puspitadew-5386-a15507-k.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7746.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertamina merupakan perusahaan pengelola utama industri migas di Indonesia yang bertugas melayani masyarakat untuk keperluan pengadaan dan pendistribusian BBM dan Non-BBM. Perubahan status dari Badan Usaha Milik Negara menjadi Perusahaan Perseroan pada tahun 2003 telah mengubah fungsi Pertamina menjadi pelaku pasar dengan tujuan mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai perusahaan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, pihak manajemen dituntut untuk meningkatkan kinerja perusahaan guna menghadapi persaingan global. Untuk mencapai tujuan tersebut, manajemen membutuhkan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan yang memadai yang mampu memberikan informasi yang handal sekaligus sebagai alat perencanaan dan pengendalian penjualan. Untuk mewujudkannya, perusahaan perlu melakukan perbaikan-perbaikan pada Sistem Informasi Akuntansinya, sehingga evaluasi perlu dilakukan secara periodik untuk mengetahui adanya masalah pada Sistem Informasi Akuntansi yang sedang dijalankan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada PT. Pertamina (Persero) UPms V, apakah telah memadai berdasarkan kriteria efektivitas, efisiensi dan pengendalian intern. Efektivitas sistem ditentukan dengan beberapa parameter, antara lain: kualitas sistem; kualitas informasi; pendapat user mengenai kegunaan sistem, kemudahan sistem, serta kemampuannya mengoperasikan komputer; kepuasan atas sistem; dampak individual serta organisasional. Efisiensi dinilai berdasarkan manfaat dan biaya yang ditimbulkan atas implementasi sistem, sedangkan pengendalian intern ditentukan berdasarkan empat prinsip, yaitu ketersediaan, keamanan, keterpeliharaan serta integritas. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini digunakan pendekatan sistem. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap elemen-elemen Sistem Informasi Akuntansi Penjualan yang meliputi people, procedures, data, software, serta infrastructure, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada PT. Pertamina (Persero) UPms V Surabaya telah memadai. Namun demikian terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian manajemen, diantaranya stabilitas sistem, akurasi informasi, pelatihan formal kepada user, penggunaan sistem alarm diluar jam kerja, penggantian password, serta tempat penyimpanan data (data library).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 155/07 Pus e
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING-DATA PROCESSING; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DEWI YANUAR PUSPITA, 040419115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIsnalita, Dra., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 22 Oct 2007 12:00
Last Modified: 10 Jul 2017 23:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item