EVALUASI KOMPETENSI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI) BIDANG PEMASARAN PADA MIKRO KREDIT SALES(STUDI KASUS BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KCP SURABAYA MENANGGAL)

MUHAMAD ALFIAN, 041514353005 (2018) EVALUASI KOMPETENSI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI) BIDANG PEMASARAN PADA MIKRO KREDIT SALES(STUDI KASUS BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KCP SURABAYA MENANGGAL). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia berlaku secara nasional dan menjadi acuan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan profesi, uji kompetensi dan sertifikasi profesi. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Tenaga Pemasar disusun untuk dapat menjadi acuan terhadap kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap tenaga pemasar di Indonesia. SKKNI ini bertujuan untuk menstandarisasi kompetensi dari tenaga pemasar yang tugas dan fungsinya terbatas berkaitan dengan melakukan aktivitas pejualan (sales), pengelolaan layanan (service), dan pengelolaan merek (brand) tidak terkecuali Mikro Kredit Sales Bank Mandiri yng juga memiliki standar keterampilan penjualan dari Bank Mandiri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu melakukan Evaluasi Kompetensi Berdasarkan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Pemasaran Pada Mikro Kredit Sales Bank Mandiri KCP Surabaya Menanggal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan dua key informan dan satu confirmatory informan. Kegiatan ini berguna untuk mendapatkan gambaran secara sistematis mengenai fakta pada objek penelitian sesuai dengan pokok permasalahan yang diteliti, kemudian mengetahui kompetensi yang dibutuhkan oleh Mikro Kredit Sales Bank Mandiri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa standar keterampilan penjualan yang dimiliki Bank Mandiri khususnya bagi Mikro Kredit Sales hampir secara keseluruhan telah sesuai dengan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Pemasaran sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 389 Tahun 2013. Namun ada beberapa unjuk kegiatan yang tidak perlu dilakukan oleh Mikro Kredit Sales karena berkaitan dengan kesesuaian kegiatan di segmen pasar kredit mikro. Ada beberapa kompetensi yang dibutuhkan oleh Mikro Kredit Sales baik dari kompetensi individu, kompetensi jabatan dan dimensi kompetensi sesuai dengan unjuk kegiatan Standar Kompetensi Nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM.90/18 Alf e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kompetensi, Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMAD ALFIAN, 041514353005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dr.,MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:47
Last Modified: 02 Jan 2019 07:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item