PENGARUH NILAI TUKAR DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN FINANCIAL INCLUSION BANK SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2017

KHOLIFATUNAHDLIYAH, 041411431090 (2018) PENGARUH NILAI TUKAR DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN FINANCIAL INCLUSION BANK SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2017. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text (ABSTRAK)
FEB EI 96-18 KHO P - abstrak.pdf

Download (383kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 96-18 KHO P.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai tukar dan jumlah uang beredar terhadap pertumbuhan ekonomi dan financial inclusion (keuangan inklusif) pada Bank Syariah Periode 2010-2017. Sampel yang digunakan menggunakan sampel jenuh yakni seluruh bagian dari Bank Syariah, meliputi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang pada tahun terakhir 2017 berjumlah 13 Bank Umum Syariah dan 21 Unit Usaha Syariah, selanjutnya penelitian ini menggunakan analisis data time series dengan menganalisis data dari tahun ke tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) dengan empat variabel laten yaitu nilai tukar dan jumlah uang beredar sebagai variabel eksogen atau independen, pertumbuhan ekonomi sebagai variabel endogen intervening, dan financial inclusion sebagai variabel endogen. Indikator yang digunakan untuk merefleksikan nilai tukar pada penelitian ini adalah kurs rupiah terhadap dollar. Indikator yang digunakan untuk merefleksikan jumlah uang beredar adalah jumlah uang beredar dalam arti luas (M2). Indikator yang digunakan untuk merefleksikan pertumbuhan ekonomi adalah PDB konstan berdasarkan sektor usaha, meliputi sektor primer, sekunder, dan tersier. Indikator yang digunakan untuk merefleksikan financial inclusion adalah jumlah kantor, jumlah rekening Dana Pihak Ketiga, jumlah rekening pembiayaan, dan jumlah ATM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tukar berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, jumlah uang beredar berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap financial inclusion Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 96/18 Kho p
Uncontrolled Keywords: NILAI TUKAR, JUMLAH UANG BEREDAR, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN FINANCIAL INCLUSION.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
KHOLIFATUNAHDLIYAH, 041411431090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorATINA SHOFAWATI, DR., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:46
Last Modified: 02 Jan 2019 07:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77476
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item