“ANALYSIS DAN PERUMUSAN STRATEGI PT.XYZ DALAM UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM INDUSTRI FARMASI”

TRI NURCAHYADI NISWANTORO, 041424353030 (2018) “ANALYSIS DAN PERUMUSAN STRATEGI PT.XYZ DALAM UPAYA PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM INDUSTRI FARMASI”. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak1.pdf

Download (56kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri Farmasi di Indonesia menjadi salah satu industri strategis yang sangat penting di negeri ini, Pada awal tahun 2014 di Indonesia menyelenggarakan asuransi kesehatan bagi seluruh rakyatnya yakni Jaminan Kesehatan Nasional rakyatnya yakni Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Industri farmasi asing terkena dampak sangat besar dikarenakan mereka tidak sanggup memenuhi harga obat yang telah ditetapkan dalam E-Catalogue sesuai standard yang ditetapkan pemerintah, DenganmelihatStrategi PT.XYZ yang dituangkandalam Scoreboard Results dan tabel penjualan, makadapat diketahui bahwa pertumbuhan penjualan PT. XYZ dibandingkan dengan perusahaan sejenis tidak dapat berkompetitif. PT.XYZ adalah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan yaitu farmasi. Sampai saat ini, PT.XYZ telah mempunyai dan menerapkan suatu strategi bisnis untuk diaplikasikan dalam operasi bisnis perusahaan. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam industri dan mulai diberlakukannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh pemerintah maka perusahaan lambat laun akan terkena dampak negatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi bisnis yang efektif agar perusahaan dapat menjaga kesinambungan bisnis perusahaan dalam menghadapi lingkungan bisnis serta dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode analisis Internal & External Factor Evaluation (IFE & EFE) Matrix, Internal External (IE) Matrix, TOWS Matrix. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT.XYZ berada pada posisi Grow and Build sehingga perusahaan dapat berfokus pada alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Alternatif strategi yang diperoleh dari hasil plotting matriks TOWS adalah : (1) Fokus di area berpotensi tinggi yang dapat menciptakan demand (sales); (2) Bekerjasama dengan pihak perdossi di setiap daerah; dan (3) Menambah varian produk baru (peluncuran cutivate, Relvar, Dan Anoro).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM.103/18 Nis a
Uncontrolled Keywords: Industri farmasi, Formulasi strategi bisnis, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix, External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal External (IE) Matrix, TOWS Matrix
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
TRI NURCAHYADI NISWANTORO, 041424353030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2019 09:43
Last Modified: 02 Jan 2019 09:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item