PENGARUH HEALTH TALK TERHADAP PERILAKU DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BOJA I, KABUPATEN KENDAL

Rafika Rosyda, NIM. 131614153041 (2018) PENGARUH HEALTH TALK TERHADAP PERILAKU DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BOJA I, KABUPATEN KENDAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ÁBSTRAK)
TKP 44_18 Ros p ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 44_18 Ros p.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Jumlah wanita yang melakukan deteksi dini kanker serviks masih rendah. Hambatan yang dominan adalah kurangnya pengetahuan, sehingga meningkatkan pengetahuan diperlukan untuk meningkatkan sikap dan praktik deteksi dini kanker serviks. Helath talk adalah metode pendidikan kesehatan dengan pendekatan partisipatif, informal dan menghibur yang memungkinkan individu untuk berdiskusi tentang kesehatan secara bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh health talk terhadap perilaku deteksi dini kanker serviks pada wanita. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi esksperimen dengan pre-post test with control group. Penelitian ini melibatkan 210 wanita yang aktif secara seksual, dan berusia 30-50 tahun yang diambil berdasarkan cluster sampling (105 untuk kelompok eksperimen, 105 untuk kelompok kontrol). Variabel bebas adalah health talk, dan variabel terikat adalah perilaku perilaku deteksi dini kanker serviks yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan praktik. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan paired sample t-test untuk variabel pengetahuan dan sikap, dan secara keseluruhan dengan MANOVA. Mann Whitney U test untuk menilai variabel praktik. Hasil: Paired sample t-test diperoleh p=0,000 pada kedua kelompok untuk variabel pengetahuan dan sikap, dan secara keseluruhan nilai wilks’s lambda diperoleh p=0,000. Mann-Whitney U test diperoleh p=0,391 untuk variabel praktik. Diskusi: Hasil penelitian menunjukkan bahwa health talk mempengaruhi pengetahuan dan sikap wanita. Penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat pendidikan, dan status pekerjaan berhubungan positif dengan pengetahuan, sikap dan praktik. Dan temuan tambahan ini dikaitkan dengan literasi kesehatan, dan ini adalah argumen dari temuan utama. Secara statistik, health talk tidak mempengaruhi praktik, hanya 13 wanita (8 dari kelompok intervensi, 5 dari kelompok kontrol) yang melakukan kunjungan deteksi dini kanker serviks setelah intervensi, temuan ini mungkin karena berbagai faktor yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait peningkatan partisipasi deteksi dini kanker serviks dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi dan menambahkan metode lain untuk meningkatkan partisipasi deteksi dini kanker serviks pada wanita.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 44/18 Ros p
Uncontrolled Keywords: helath talk, kanker serviks, deteksi dini, perilaku, pengetahuan, sikap, praktik
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Rafika Rosyda, NIM. 131614153041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantBudi Santoso, Prof. Dr., dr. Sp.OG(K)UNSPECIFIED
ConsultantEsti Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Jan 2019 03:06
Last Modified: 03 Jan 2019 03:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77523
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item