HUBUNGAN RESILIENSI KELUARGA DENGAN KEKAMBUHAN PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)

Yhunika Nur Mastiyas, 131611123077 (2018) HUBUNGAN RESILIENSI KELUARGA DENGAN KEKAMBUHAN PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam proses perawatan klien gangguan jiwa. Peningkatan resiliensi keluarga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berkaitan dengan kekambuhan, bermanfaat untuk kesejahteraan keluarga dan ODGJ itu sendiri serta mencegah kekambuhan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan resiliensi keluarga dengan kekambuhan pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Metode : Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan populasi seluruh keluarga yang mengantar salah satu anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa periksa di Klinik Psikiatri RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Besar sampel penelitian ini adalah 258 responden yang memenuhi kriteria yaitu keluarga dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sedang mengantar periksa di Poliklinik Psikiatrik RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, keluarga dari ODGJ yang pernah menjadi pasien rawat inap di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang minimal 1 kali, keluarga dari klien ODGJ rawat jalan yang pernah menjadi pasien rawat inap minimal 1 kali, keluarga kooperatif, keluarga dapat membaca dan menulis. Variabel penelitian ini adalah kekambuhan ODGJ dan resiliensi keluarga dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman‟s rho. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan lemah yang bernilai negatif antara resiliensi keluarga dengan kekambuhan pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) (p=0,002 dan r= ̵ 0,195). Semakin tinggi tingkat resiliensi keluarga maka semakin rendah terjadinya kekambuhan pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Diskusi : Resiliensi keluarga dapat menurunkan angka kekambuhan pada ODGJ. Upaya keluarga dalam peningkatan resiliensi keluarga bisa dilakukan melalui selalu memberi dukungan pada ODGJ dalam pengobatan dan perawatan gangguan jiwanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 214/18 Mas h
Uncontrolled Keywords: resiliensi keluarga, kekambuhan, orang dengan gangguan jiwa
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV697-700.7 Families. Mothers. Widow's pensions
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Yhunika Nur Mastiyas, 131611123077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHanik Endang N, Dr. Hj. , S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:33
Last Modified: 03 Jan 2019 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item