ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN (IDWG) PASIEN HEMODIALISIS DENGAN PENDEKATAN TEORI PRECEDE-PROCEED DI RSU HAJI SURABAYA

FRISKA NOVITA WOONA HALOHO, 131611123014 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN (IDWG) PASIEN HEMODIALISIS DENGAN PENDEKATAN TEORI PRECEDE-PROCEED DI RSU HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah utama pasien hemodialisis adalah Interdialytic Weight Gain (IDWG). Faktor yang mempengaruhi kenaikan IDWG sangat beragam. Faktor yang secara khusus berhubungan dengan peningkatan IDWG pasien hemodialisis di RSU Haji Surabaya masih belum bisa dijelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi peningkatan IDWG di Unit Hemodialisis RSU Haji Surabaya. Metode: Desain penelitian cross sectional melibatkan 79 responden total sampling. Variabel bebas adalah intake cairan, rasa haus, self efficacy, dan stress. Variabel terikat adalah Interdialytic weight gain. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan pengukuran yang kemudian dianalisis menggunakan Spearman rho dengan derajat kemaknaan p  0,05. Hasil dan Analisis: Kenaikan IDWG pasien Hemodialisis secara bermakna berhubungan dengan intake cairan (p = 0,006; r = 0,304), rasa haus (p = 0,001; r = 0,382), serta self efficacy (p = 0,035; r = -0,237). Sedangkan stress tidak berhubungan secara bermakna dengan kenaikan IDWG (p = 0,862; r = 0,020). Kesimpulan: Kenaikan IDWG dapat dihindari dengan mengontrol intake cairan, pengelolaan rasa haus, serta meningkatkan self efficacy pasien. Perawat Hemodialis diharapkan ikut melakukan follow up manajemen perawatan pasien di rumah (home care) agar kenaikan IDWG dapat terkontrol. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih lanjut tentang intervensi atau model keperawatan yang dapat menekan kejadian IDWG pada pasien Hemodialisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 216/18 Hal a
Uncontrolled Keywords: Gagal Ginjal Kronis, Hemodialisis, Intake Cairan, Rasa Haus, Self Efficacy, Stress, Interdialytic Weight Gain.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV547 Self-help groups
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
FRISKA NOVITA WOONA HALOHO, 131611123014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Dwi Wahyuni,, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:15
Last Modified: 04 Jan 2019 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77545
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item