ALASAN ORANG TUA TIDAK MEMBAWA ANAKNYA UNTUK IMUNISASI

ALPIAN UMBU DEWA, 131611123036 (2018) ALASAN ORANG TUA TIDAK MEMBAWA ANAKNYA UNTUK IMUNISASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (47kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Imunisasi merupakan program wajib pemerintah yang bertujuan untuk mencegah penyakit infeksi pada bayi dan anak namun hingga saat ini masih ada sebagian keluarga tidak membawa anaknya untuk imunisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai alasan orang tua di Kabupaten Sumba Barat tidak membawa anaknya untuk imunisasi. Metode: Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dengan tekhnik wawancara mendalam yang dilakukan kepada sembilan orang tua yang anaknya berumur 10 sampai 18 bulan dan belum melakukan imunisasi lengkap. Sampling yang digunakan adalah tekhnik snowball sampling. Hasil wawancara yang diperoleh dianalisis dengan analisis tematik. Hasil: Penelitian ini mendapatkan empat tema, yaitu kecewa dengan pelayanan petugas, kurangnya ketersediaan vaksin, jarak tempat pelayanan kesehatan yang jauh dan karena pengetahuan tentang imunisasi yang rendah. Kesimpulan: Kekecewaan orang tua terhadap pelayanan petugas kesehatan dan kurangnya ketersediaan vaksin menjadi alasan yang dikemukakan orang tua. Jarak tempat pelayanan kesehatan yang jauh dari rumah partisipan menjadi fenomena yang diutarakan partisipan. Pemerintah perlu melakukan program pelayanan kesehatan dengan pendekatan keluarga, meningkatkan ketersediaan tenaga kesehatan guna meningkatkan jangkauan cakupan imunisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 217/18 Dew a
Uncontrolled Keywords: reason, parent, immunization, west sumba.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
ALPIAN UMBU DEWA, 131611123036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFerry Efendi, S.Kep.,Ns., M.Sc. Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:28
Last Modified: 04 Jan 2019 01:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77554
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item