PENGARUH ERGO CARE EXERCISE TERHADAP PENINGKATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR LANSIA DI GRIYA USILA SANTO YOSEF SURABAYA

MUHAMMAD ANIS TASLIM, 131611123019 (2018) PENGARUH ERGO CARE EXERCISE TERHADAP PENINGKATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR LANSIA DI GRIYA USILA SANTO YOSEF SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (938kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Masa tua adalah masa hidup seseorang mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial secara bertahap. Perubahan tersebut menimbulkan konsekuensi salah satunya yaitu gangguan pemenuhan kebutuhan tidur. Ergo care exercise adalah suatu gerakan otot anggota tubuh yang dapat meningkatkan hormon serotonin dan melatonin sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemenuhan kebutuhan tidur pada lansia, dengan ditambahkan caring lansia menurut Swanson. Metode: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ergo care exercise terhadap pemenuhan kebutuhan tidur lansia. Desain penelitian ini menggunakan quasy experimental pre-post test control group design. Populasi target pada penelitian ini adalah berjumlah 55 orang lansia dengan populasi target sebanyak 40 orang lansia yang berada di griya lansia. Kelompok dibagi menjadi 20 orang lansia sebagai kelompok perlakuan dan 20 orang lansia sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner PSQI dan lembar observasi. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil: hasil uji statistik dengan menggunakan Mann Whitney dapat diartikan bahwa ditemukan adanya pengaruh dari intervensi yang diberikan terhadap pemenuhan kebutuhan tidur lansia dengan nilai p=0,000 berarti p≤0,05. Hasil uji statistik dengan menggunakan Wilcoxon-test ditemukan adanya peningkatan kualitas tidur lansia pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan ergo care exercise dengan nilai p= 0,000 berarti p<0,05 dan ditemukan adanya peningkatan kuantitas tidur lansia pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan ergo care exercise dengan nilai p= 0,000 berarti p<0,05. Diskusi: dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ergo care exercise terhadap peningkatan pemenuhan kebutuhan tidur lansia. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan frekuensi pemberian yang lebih lama. Selain itu juga dapat mengadakan penelitian yang dapat membandingkan efektivitas antara ergo care exercise dengan intervensi lainnya yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 218/18 Tas p
Uncontrolled Keywords: ergo care exercise, gangguan kebutuhan tidur, kualitas, kuantitas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD ANIS TASLIM, 131611123019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoni Haryanto, Dr. , S.Kp., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:04
Last Modified: 04 Jan 2019 02:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item