DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA USAHA TANI KEDELAI DI KABUPATEN BANYUWANGI

AIRLANGGA KHARISMA BIJAKSANA, 041411133020 (2018) DAYA SAING DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA USAHA TANI KEDELAI DI KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text (FULL TEXT)
C. 171-18 Bij d.pdf
Restricted to Registered users only until 4 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usahatani kedelai di Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil penelitian dari analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani kedelai di Kabupaten Banyuwangi memiliki keunggulan kompetitif tetapi tidak berdaya saing komparatif. Kebijakan pemerintah terhadap usahatani kedelai di Kabupaten Banyuwangi secara keseluruhan telah mampu melindungi usahatani. Studi ini menyarankan bahwa usahatani perlu meningkatkan produksi kedelai untuk mengurangi ketergantungan impor serta pemerintah perlu mengkaji lagi kebijakan yang belum mampu memproteksi usahatani dan menerapkan alternatif kebijakan dengan memperhatikan kondisi pasar dalam negeri. Kata kunci: kedelai, daya saing, kebijakan pemerintah, analisis sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 171/18 Bij d
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap usahatani kedelai di Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil penelitian dari analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani kedelai di Kabupaten Banyuwangi memiliki keunggulan kompetitif tetapi tidak berdaya saing komparatif. Kebijakan pemerintah terhadap usahatani kedelai di Kabupaten Banyuwangi secara keseluruhan telah mampu melindungi usahatani. Studi ini menyarankan bahwa usahatani perlu meningkatkan produksi kedelai untuk mengurangi ketergantungan impor serta pemerintah perlu mengkaji lagi kebijakan yang belum mampu memproteksi usahatani dan menerapkan alternatif kebijakan dengan memperhatikan kondisi pasar dalam negeri. Kata kunci: kedelai, daya saing, kebijakan pemerintah, analisis sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
AIRLANGGA KHARISMA BIJAKSANA, 041411133020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Haryanto, Drs. Ec. , MP., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 04 Jan 2019 05:43
Last Modified: 07 Jan 2019 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item