MODIFIKASI SOP PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DENGAN PENDEKATAN LOGIC MODEL UNTUK MENURUNKAN PROSENTASE DAN JENIS LIMBAH MEDIS PADAT (RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA TAHUN 2018)

SUHARIONO, 101614353013 (2018) MODIFIKASI SOP PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DENGAN PENDEKATAN LOGIC MODEL UNTUK MENURUNKAN PROSENTASE DAN JENIS LIMBAH MEDIS PADAT (RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA TAHUN 2018). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKL. 11-18 Suh m Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Fulltext)
TKL. 11-18 Suh m.pdf
Restricted to Registered users only until 4 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya dalam beroperasinya menghasilkan limbah medis padat sebesar 18% (standard WHO 15%). Agar pengelolaan limbah medis padat berjalan dengan baik, maka di perlukan sebuah standar operasional prosedur. Prosedur yang ada saat ini diperlukan modifikasi atau revisi, dengan cara melakukan gap analysis antara prosedur yang ada dengan regulasi yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Standrad Operasional Prosedur (SOP) pengelolaan limbah medis padat di RSUD Dr Soetomo Surabaya dibandingkan dengan regulasi yang berlaku dengan pendekatan logic model. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design. Rancang bangun yang digunakan yaitu One Group Pre Test – Post Test dan observasi dilakukan sebanyak dua kali sebelum dan sesudah diberikan perlakuan prosedur yang telah dimodifikasi. Peneliti dalam mengevaluasi dengan menggunakan wawancara mendalam dan kuesioner dengan data berupa kualitatif, dari data tersebut kemudian dilakukan kuantifikasi dengan menggunakan skala likert untuk mendapatkan nilai dan diberikan pembobotan, sehingga akan menjadi data kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi untuk input terdapat 3 komponen memiliki nilai kurang (metode, mesin dan limbah medis padat daur ulang), untuk proses ada 6 komponen memiliki nilai kurang (proses pemilahan, labeling, pemusnahan limbah, desinfeksi, pembuangan akhir dan prosedur pengolahan limbah medis padat). Hasil implementasi prosedur baru pengelolaan limbah medis padat dengan penambahan kegiatan daur ulang terjadi penurunan limbah medis padat yang di insinerasi sebesar 3 – 5 %/bulan, penurunan biaya operasional Rp. 725.000,-/bulan dan pendapatan dari proses daur ulang Rp. 6.374.500,-/bulan, sehingga total efisiensi pengolahan limbah medis padat Rp. 7.099.500,-/bulan. Efisiensi diperoleh dari penurunan biaya operasional dan hasil penjualan daur ulang limbah medis padat Kesimpulan : diperlukan beberapa upaya perbaikan khususnya pada bagian input dan proses yang memiliki nilai kurang, untuk bagian output telah terimplementasi dengan baik. Implementasi prosedur baru pengelolaan limbah medis padat wajib dilaksanakan, agar terjadi penurunan pada prosentase dan jenis limbah medis padat di RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKL. 11-18 Suh m
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Logic Model, Limbah Medis Padat, SOP
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783-812.5 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SUHARIONO, 101614353013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorR Azizah, Dr., SH., M.KesUNSPECIFIED
ContributorLilis Sulistyorini, Dr., Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2019 05:52
Last Modified: 04 Jan 2019 05:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item