ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH REMAJA DI SMAN KOTA PASURUAN

INTAN CAHYANTI SUGIANTO, 131611123058 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH REMAJA DI SMAN KOTA PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pada era teknologi ini remaja tidak bias dilepaskan dari penggunaan media sosial. Media sosial memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan namun dapat menyebabkan ketergantungan dan menimbulkan dampak bagi remaja baik positif maupun negatif. Tujuan dari penelitian untuk menjelaskan faktor yang berhubungan dengan dampak penggunaan media sosial oleh remaja di SMAN Kota Pasuruan berdasarkan teori TAM, Motif Penggunaan dan TPB. Metode: Desain penelitian adalah cross sectional. Populasi adalah siswa SMAN Kota Pasuruan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 295 siswa kelas XI. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah factor penggunaan media sosial dan variabel endogen adalah kecanduan dan dampak media sosial. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner faktor penggunaan media sosial, kecanduan media sosial, dan dampak media sosial. Analisis menggunakan uji Partial Leeast Square dengan melihat t-statistic >1,96. Hasil: Hasil uji dengan Partial Least Square menujukkan bahwa Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Use Behavior berpengaruh terhadap kecanduan media sosial. Attitude Toward Behavior, Subjective Norm, Perceived Behavior Control berpengaruh pada Behavior Intention. Perceived Use Behavior dan Behavior Intention berpengaruh pada Use Behavior. Kecanduan media sosial berpengaruh pada dampak media sosial dengan nilai t-statistic > 1,96. Diskusi: Motif faktor penggunaan media social paling tinggi adalah integrasi dan interaksi sedangkan dampak paling besar berpengaruh pada kecanduan media sosial adalah dampak negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 236/18 Sug a
Uncontrolled Keywords: Faktor Penggunaan, Remaja, Media Sosial, Dampak Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
INTAN CAHYANTI SUGIANTO, 131611123058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYusuf, Dr. Ah. , S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:07
Last Modified: 04 Jan 2019 08:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item