ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA KEPERAWATAN UNTUK BEKERJA DI DAERAH TERPENCIL, TERTINGGAL, PERBATASAN DAN KEPULAUAN (DTPK)

AMANATUL FIRDAUS, 131611123086 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA KEPERAWATAN UNTUK BEKERJA DI DAERAH TERPENCIL, TERTINGGAL, PERBATASAN DAN KEPULAUAN (DTPK). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Distribusi tenaga kesehatan yang tidak merata terutama di daerah pedesaan dan daerah terpencil sudah lama menjadi perhatian khusus pemerintah. Minat petugas kesehatan untuk melayani daerah tersebut sangat sedikit, sedangkan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dibutuhkan jumlah tenaga kesehatan yang memadai. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang memengaruhi minat mahasiswa keperawatan untuk bekerja di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK). Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian cross-sectional dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa keperawatan S1 keperawatan reguler dan pendidikan profesi ners sebanyak 714 responden dengan menggunakan simple random sampling. Variabel independen adalah faktor-faktor yang memengaruhi minat dengan faktor individu (program kelas reguler yang berhubungan dengan minat mahasiswa keperawatan), faktor lingkungan (daerah asal) yang memengaruhi minat mahasiswa keperawatan. Variabel dependen adalah minat mahasiswa keperawatan. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square dan regresi logistik dengan tingkat signifikan <0,05. Hasil: sebanyak 428 responden tidak berminat, faktor-faktor yang signifikan memengaruhi minat faktor individu yaitu program kelas (p=0,004) dan faktor lingkungan yaitu daerah asal (p=0,032). Diskusi: Faktor individu (Program kelas reguler) dan faktor lingkungan (daerah asal) memengaruhi minat mahasiswa keperawatan. Rekrutmen calon tenaga kesehatan bisa di fokuskan pada mahasiswa kelas reguler dan yang berasal dari desa. Program inovasi lain yang dilakukan sejak masa pendidikan akademik perlu dibuat untuk menarik minat mahasiswa bekerja di daerah DTPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 239/18 Fie a
Uncontrolled Keywords: interest, nursing students, individual factors, environmental factors, government policy factors
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
AMANATUL FIRDAUS, 131611123086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFerry Efendi, S,Kep.Ns., M.Sc.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:33
Last Modified: 04 Jan 2019 08:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77634
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item