Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengelolaan Obat Publik di InstalasI Farmasi Kabupaten (Studi di Papua Wilayah Selatan)

WALUYO, YOHANES WAHYU and ATHIYAH, UMI and ROCHMAH, THINNI NURUL (2015) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengelolaan Obat Publik di InstalasI Farmasi Kabupaten (Studi di Papua Wilayah Selatan). Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, 13 (1). pp. 94-101. ISSN 1693-1831

[img] Text (FULLTEXT)
C-12.pdf

Download (5MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
Reveiwer C-12.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/...

Abstract

Pengelolaan obat publik bertujuan untuk menjamin tersedianya obat bermutu dengan jenis dan jumlah yang tepat, tersebar secara merata dan teratur. Masalah pengelolaan obat publik saat ini adalah tingkat ketersediaan obat masih belum sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan karena masih terjadi kekosongan obat di satu sisi dan terjadi kelebihan obat di sisi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengelolaan obat publik dan mengetahui fungsi pengelolaan obat publik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode pengumpulan data cross sectional, dilakukan di Instalasi Farmasi Kabupaten bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pengelolaan obat publik meliputi: dana pengepakan dan pemeliharaan yang belum merata, pendidikan staf belum memenuhi ketentuan, tata kelola belum dilaksanakan dan sarana pengelolaan obat sebagian belum lengkap. Gambaran tentang pengelolaan obat sebagai berikut: ketepatan perencanaan 114,02%, ketersediaan obat dengan pola penyakit 170,87%, obat esensial 70,16% dan obat generik 87,87%, pengadaan obat belum seluruh sesuai buku kontrak 77,00%, ketersediaan obat 75,75%, obat rusak atau kadaluarsa 7,01% dan obat kosong 0,37%, ketepatan distribusi 57,68% dan penyimpangan jumlah obat yang didistribusikan 17,30%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan obat, obat publik
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS200-201 Pharmaceutical dosage forms
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WALUYO, YOHANES WAHYUUNSPECIFIED
ATHIYAH, UMIUNSPECIFIED
ROCHMAH, THINNI NURULUNSPECIFIED
Depositing User: Mr M. Fuad Sofyan
Date Deposited: 05 Jan 2019 14:18
Last Modified: 05 Jan 2019 14:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item