HUBUNGAN KADAR FLUORIDE DAN CALCIUM DALAM AIR MINUM TERHADAP PENYAKIT PERIODONTAL PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN (Penelitian Observasional di Kabupaten Bangkalan)

NABILA ZALFA SANNIDHYA, 021511133039 (2018) HUBUNGAN KADAR FLUORIDE DAN CALCIUM DALAM AIR MINUM TERHADAP PENYAKIT PERIODONTAL PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN (Penelitian Observasional di Kabupaten Bangkalan). Skripsi thesis, Fakultas Kedokteran Gigi.

[img] Text (ABSTRAK)
KG 150-18 SAN H - ABSTRAK1.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 150-18 SAN H.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit periodontal merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya inflamasi gingiva, pocket periodontal dan resesi gingiva. Kondisi ini ditimbulkan oleh akumulasi plak. Peningkatan jumlah calcium dan mineral lain dalam saliva dan plak dapat meningkat dan dapat terjadi pembentukan kalkulus. Kalkulus terbentuk dari plak yang mengalami pengerasan dan remineralisasi yang akan menyebabkan terjadinya penyakit periodontal apabila tidak diberi tindakan. Fluoride yaitu suatu bahan yang berasal dari sumber alami dan industri. Sumber utamanya pada air minum. Pada masyarakat pesisir pantai, umumnya mengkonsumsi air minum yang berasal dari air sumur dan mengandung fluoride dengan calcium. Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan kadar fluoride dan calcium dalam air minum terhadap respon periodontal pada anak. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional cross-sectional dengan total sampling dilakukan di Kabupaten Bangkalan. Terdapat 140 orang tua dan anak sebagai responden. Memberikan informed consent dan kuesioner kepada orang tua siswa untuk pengambilan data dan melakukan pemeriksaan klinis pada siswa/i menggunakan disclosing agent yang diukur menggunakan lembar penilaian OHI-S. Hasil dianalisis dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara wilayah dengan skor OHI-S, skor OHI-S dengan kadar fluoride dan skor OHI-S dengan kadar calcium. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, respon periodontal dapat dipengaruhi oleh konsumsi air minum dan konsumsi lainnya. Kandungan calcium dalam air minum dapat mempengaruhi kandungan saliva dan plak meningkat dan terjadinya pembentukan kalkulus. Akumulasi plak adalah faktor utama terjadinya penyakit periodontal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 150/18 San h
Uncontrolled Keywords: PENYAKIT PERIODONTAL, KALKULUS, FLUORIDE, CALCIUM.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NABILA ZALFA SANNIDHYA, 021511133039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMEGA MOEHARYONO PUTRI, drg., Sp.KGAUNSPECIFIED
ContributorSOEGENG WAHLUYO, Prof.Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:19
Last Modified: 08 Jan 2019 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item