PEMBERDAYAAN EKONOMI ISLAM BERBASIS JARINGAN MODAL SOSIAL (STUDI KASUS KOPERASI SYARIAH DI PONDOK PESANTREN UMMUL QUROO SURABAYA)

MUHAMMAD DINULLAH, 041311433094 (2018) PEMBERDAYAAN EKONOMI ISLAM BERBASIS JARINGAN MODAL SOSIAL (STUDI KASUS KOPERASI SYARIAH DI PONDOK PESANTREN UMMUL QUROO SURABAYA). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (75kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 115-18 Din p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberdayaan ekonomi islam merupakan suatu kegiatan pemberian daya, kemampuan, atau kekuasaan kepada pihak yang tak berdaya dengan upaya membantu masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya dalam menciptakan wirausaha baru. Dalam penerapannya berbasis modal sosial yaitu bahwa kepercayaan, norma, dan jaringan adalah bagian dari kehidupan sosial yang dapat mendorong tercapainya tujuan bersama. Dengan sarana koperasi syariah dan jaringannya berguna untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dan jama’ah di lingkup pondok. Sehingga bisa memberdayakan santri maupun jama’ah agar meningkatkan perekonomian mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Strategi penelitian yang digunakan yaitu studi kasus pada Pemberdayaan Ekonomi Islam berbasis modal sosial studi kasus koperasi syariah di Surabaya. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa peran Kopontren Ummul Quroo mampu memberdayakan dan cukup memberikan peningkatan kesejahteraan secara Islam dimana masing-masing informan telah memenuhi setidaknya kebutuhan tingkat dharuriyat (primer) yang terdiri atas Kebutuhan pakaian, Kebutuhan makanan, kebutuhan kesehatan, kebutuhan pendidikan dan kebutuhan kendaraan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 115/18 Din p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, modal sosial, koperasi syariah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD DINULLAH, 041311433094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTika Widiastuti, Dr. ,SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:24
Last Modified: 07 Jan 2019 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77711
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item