PEMODELAN KETAHANAN PANGAN DI INDONESIA BERDASARKAN PENDEKATAN REGRESI PROBIT BINER BIVARIAT

INDAH AYU KHUROIDAH, 081411831002 (2018) PEMODELAN KETAHANAN PANGAN DI INDONESIA BERDASARKAN PENDEKATAN REGRESI PROBIT BINER BIVARIAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak ST.S. 39 18 Khu p.pdf

Download (101kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext ST.S. 39 18 Khu p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indikator ketahanan pangan dapat dilihat dari Pangsa Pengeluaran Makanan (PPM) dan Konsumsi Energi (KE), dimana indikator tersebut mampu menjadi tolak ukur keberhasilan dan pemerataan yang dilakukan oleh pemerintah. Regresi model probit adalah suatu model untuk menjelaskan pola hubungan dari sebuah variabel respon yang kategorik. Model probit biner bivariat adalah model probit yang melibatkan dua variabel respon yang masing-masing mempunyai dua kategori, dengan syarat terdapat hubugan antar variabel respon tersebut. Estimasi parameter model probit biner bivariat menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE) dengan iterasi Newton Raphson. Kriteria yang digunakan untuk mendapatkan model terbaik didapatkan berdasrkan nilai minimum dari Akaike Information Criterion (AIC). Kesimpulan dari hasil analisis yang dilakukan adalah sebagian besar provinsi di Indonesia berada dalam kategori PPM dan KE yang tahan pangan marginal. Model terbaik didapatkan 3 variabel berpengaruh signifikan terhadap PPM dan KE, yaitu variabel Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), persentase penduduk miskin, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ketepatan klasifikasi yang diperoleh dari model terbaik sebesar 74,1 persen yang artinya terdapat kesalahan klasifikasi sebanyak 7 dari 27 provinsi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 39/18 Khu p
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Pangan, Pangsa Pengeluaran Makanan (PPM), Konsumsi Energi (KE), MLE, Regresi Probit Biner Bivariat, AIC.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
INDAH AYU KHUROIDAH, 081411831002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuliyanto, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:46
Last Modified: 10 Jan 2019 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item