Representasi Relationship Goals Melalui Foto Dalam Hashtag #Relationshipgoals Di Instagram

Estiningtyas Widyo Rini, 071411533008 (2018) Representasi Relationship Goals Melalui Foto Dalam Hashtag #Relationshipgoals Di Instagram. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.84 18 Rin r.pdf

Download (70kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.84 18 Rin r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.84 18 Rin r.pdf

Download (341kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan representasi relationship goals dalam foto instagram melalui hashtag #Relationshipgoals serta mendeksripsikan styles of love yang direpresentasikan dalam foto instagram melalui hashtag #Relationshipgoals. Adapaun signifikansi penelitian ini yakni bagaimana sebenarnya relationship goals direpresentasikan melalui postingan foto yang ada di Instagram yang mencantumkan atau menggunakan hashtag #Relationshipgoals ditengah pro dan kontra dalam fenomena ini. Adapun rumusan masalah yang tengah disusun yakni bagaimana Representasi Relationshipgoals melalui foto dalam instagram melalui hashtag #Relationshipgoals? Serta Bagaimana styles of love direpresetasikan dalam foto instagram melalui hashtag #Relationshipgoals? Untuk dapat mendekskripsikan foto melalui hashtag #relationshipgoals dan styles of love yang direpresentasikan dalam foto instagram melalui hashtag #Relationshipgoals dengan menggunakan tinjauan pustaka sebagai berikut Representasi, semiotik pierce, instagram, hashtag, Relationship goals sebagai life style, Komunikasi Verbal dan Non-verbal, bahasa tubuh, warna. Caption dan emoticon sebagai teks dalam interaksi sosial media berbasis internet, styles of love dalam committed romantic relationship. Selain itu menggunakan metode penelitian semiotik milik Charles Sander Pierce yang dan pierce membagi menjadi tiga yakni icon, indeks dan symbol. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti menemukan ditengah pro kontra yang terjadi dalam masyarakat tentang life style penggunaan hashtag #relationshipgoals bahwa foto berhashtag #relationshipgoals merepresentasikan dengan bahasa tubuh mendekap atupun setuhan, jarak fisik yang dekat, serta caption yang mendukung relationship goals seperti ucapan rasa syukur terhadap pasangan serta emoticon red heart yang mendominasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pasangan heteroseksual dan homoseksual pun setara pada hubungan yang mereka jalani dapat memiliki goals kepada pasangan hetero maupun homo, serta relationship goals yang mucul dan dipengaruhi dengan life style di era sekarang dalam suatu hubungan dan tidak adanya makna tunggal terhadap relationship goals namun memiliki definisi masing-masing terhadap setiap pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.84/18 Rin r
Uncontrolled Keywords: Relationship Goals, hashtag, instagram, styles of love
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Estiningtyas Widyo Rini, 071411533008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Jan 2019 07:25
Last Modified: 07 Jan 2019 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item