PENERAPAN ALGORITMA NEW ADAPTIVE CUCKOO SEARCH PADA TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP)

REGINA DEVI LOANITA LAPIAN, 081411633005 (2018) PENERAPAN ALGORITMA NEW ADAPTIVE CUCKOO SEARCH PADA TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 28-18 LAP P - ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 28-18 LAP P - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Travelling Salesman Problem (TSP) adalah suatu permasalahan seorang salesman harus mengunjungi semua kota yang mana setiap kota hanya dikunjungi sekali, dan mengharuskan salesman untuk mulai dari dan kembali ke kota asal. Tujuannya adalah mendapatkan rute dengan total jarak yang minimum. Pada penelitian ini akan dilakukan penerapan algoritma New Adaptive Cuckoo Search (ACS) untuk menyelesaikan TSP. Algoritma new ACS merupakan pengembangan dari algoritma Cuckoo Search (CS) yang menghilangkan Lévy distribution dan parameter α. Algoritma CS terinspirasi dari perilaku burung Cuckoo yang meletakkan telurnya di sarang burung inang dari spesies lainnya. Data TSP yang akan digunakan meliputi: data kecil (5 kota), data sedang (45 kota) dan data besar (100 kota). Algoritma new ACS disusun ke dalam program komputer dengan bahasa pemrograman PHP. Dari hasil perhitungan ditemukan bahwa pada penyelesaian TSP data kecil, algoritma new ACS dapat menghasilkan nilai total jarak sebesar 668 yang berhasil mencapai solusi optimal. Untuk penyelesaian TSP data sedang, algoritma new ACS menghasilkan nilai total jarak sebesar 2896 dengan persentase selisih solusi optimal sebesar 80%. Sedangkan jika algoritma new ACS menggunakan swap, nilai total jarak yang dihasilkan sebesar 1755 persentase selisih solusi optimal sebesar 9%. Untuk penyelesaian TSP data besar, algoritma new ACS menghasilkan nilai total jarak sebesar 119455 dengan persentase selisih solusi optimal sebesar 230%. Sedangkan jika algoritma new ACS menggunakan swap, nilai total jarak yang dihasilkan sebesar 51398 persentase selisih dengan solusi optimal sebesar 42%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 28/18 LAP P
Uncontrolled Keywords: Algoritma Metaheuristik, Algoritma New Adaptive Cuckoo Search (ACS), Optimasi Kombinatorial, Operator Swap, Travelling Salesman Problem (TSP).
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.M35 Computer science -- Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
REGINA DEVI LOANITA LAPIAN, 081411633005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorETO WUYARNTO, Drs., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorPURBANDINI, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:49
Last Modified: 09 Jan 2019 04:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item