PERBANDINGAN KINERJA BACK END UNTUK APLIKASI INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN BACK END NODE.JS DAN GO DENGAN BASIS DATA MYSQL DAN MONGODB

BRAMANTYO ADHILAKSONO, 081311633052 (2018) PERBANDINGAN KINERJA BACK END UNTUK APLIKASI INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN BACK END NODE.JS DAN GO DENGAN BASIS DATA MYSQL DAN MONGODB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 29-18 ADH P - ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 29-18 ADH P - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tersedia bermacam-macam pemrograman dan basis data yang dapat digunakan untuk membangun back end dari sebuah aplikasi Internet of Things (IoT). Penelitian ini memfokuskan pada perbandingan kinerja back end untuk digunakan pada aplikasi IoT menggunakan pemrograman back end Node.js dan Go dengan basis data MySQL dan MongoDB untuk membantu pengembang aplikasi IoT mencari kombinasi yang terbaik. Dibangun 4 back end yang merupakan kombinasi-kombinasi dari pemrograman back end dan basis data yang telah dipilih. Kinerja yang diukur adalah response time, persentase CPU dan memory yang digunakan. Pengujian response time dilakukan menggunakan ApacheBench sedangkan pengujian persentase CPU dan memory yang digunakan dilakukan menggunakan script sederhana. Hasil evaluasi dianalisis menggunakan uji normalitas, uji kesamaan varians, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa persentase CPU yang digunakan oleh kombinasi Node.js dan MongoDB merupakan yang paling rendah pada URL showNone dan show. Pada URL showAll kombinasi Go dan MySQL merupakan yang paling rendah. Persentase memory yang digunakan oleh kombinasi Go dan MySQL merupakan yang paling rendah pada URL showNone, show, dan showAll. Response time kombinasi Go dan MongoDB merupakan yang paling cepat pada URL showNone dan show. Pada URL showAll kombinasi Node.js dan MySQL merupakan yang paling cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 29/18 ADH P
Uncontrolled Keywords: Internet of Things, Node.js, Go, MySQL, MongoDB, Back End
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
BRAMANTYO ADHILAKSONO, 081311633052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTAUFIK, S.T., M.KomUNSPECIFIED
Thesis advisorFARIED EFFENDI, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:56
Last Modified: 09 Jan 2019 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item