PERBANDINGAN DOSIS RADIASI ORGAN AT RISK PADA KANKER NASOFARING DENGAN METODE PERHITUNGAN AAA (ANALYTICAL ANISOTROPIC ALGORITHM) DAN PBC (PENCIL BEAM CONVOLUTION)

Evi Nurafida (2018) PERBANDINGAN DOSIS RADIASI ORGAN AT RISK PADA KANKER NASOFARING DENGAN METODE PERHITUNGAN AAA (ANALYTICAL ANISOTROPIC ALGORITHM) DAN PBC (PENCIL BEAM CONVOLUTION). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text (Fulltext)
mpf 79 18 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Treatment Planning System (TPS) bertujuan untuk menentukan volume dan distribusi dosis untuk tumor dan OAR (Organ at Risk). Metode perhitungan yang digunakan untuk distribusi dosis adalah AAA dan PBC. Akan tetapi terdapat organ sehat di sekitar kanker nasofaring yang menerima radiasi. Organ sehat yang dimaksud adalah brainstem dan spinal cord. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis yang diterima brainstem dan spinal cord pada metode perhitungan AAA (Analytical Anisotropic Algorithm) dan PBC (Pencil Beam Convolution). Sebanyak 5 data dosis radiasi brainstem dan spinal cord diperoleh dari metode perhitungan AAA dan 5 data diperoleh dari metode perhitungan PBC. Evaluasi dosis adalah dengan melihat DVH (Dose Volume Histogram) pada brainstem dan spinal cord. Perhitungan dosis radiasi brainstem dan spinal cord dianalisis dengan menggunakan SPSS uji independent t test (α = 0,05). Dosis rata – rata yang diterima brainstem pada metode perhitungan AAA sebesar 34,55 ± 0,02 Gy dan metode perhitungan PBC sebesar 34,34 ± 0,02 Gy. Dosis rata – rata yang diterima spinal cord pada metode perhitungan AAA sebesar 41,26 ± 0,02 Gy dan metode perhitungan PBC sebesar 41,02 ± 0,02 Gy. Perbedaan dosis radiasi yang diterima oleh brainstem dari metode perhitungan AAA dan PBC tidak signifikan (p=0,91). Perbedaan dosis radiasi yang diterima oleh spinal cord dari metode perhitungan AAA dan PBC tidak signifikan (p=0,51). Sehingga kedua metode perhitungan memiliki tingkat keamanan yang sama berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 79/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: Linac, Dosis radiasi, AAA (Analytical Anisotropic Algorithm), PBC (Pencil Beam Convolution), DVH, Brainstem, Spinal Cord
Subjects: Q Science > QC Physics > QC901-913.2 Temperature and Radiation
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Evi NurafidaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryani Dyah Astuti, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 08 Jan 2019 05:35
Last Modified: 08 Jan 2019 05:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item