TEKNIK PEMELIHARAAN INDUK IKAN GRASS CARP (Ctenopharyngodon idella) DI LOKA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, KABUPATEN MAGELANG

NAFA AISYAH, 141511133048 (2018) TEKNIK PEMELIHARAAN INDUK IKAN GRASS CARP (Ctenopharyngodon idella) DI LOKA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, KABUPATEN MAGELANG. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Aiirlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
PKL PK BP 114 - 18 Ais t-Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PKL PK BP 114 - 18 Ais t.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Grass Carp (Ctenopharyngodon idella) adalah salah satu ikan air tawar yang cukup potensial untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai pemenuhan protein hewani, oleh karena itu peluang untuk budidaya ikan ini sangat bagus. Dalam proses budidaya ikan grass carp masalah yang paling penting adalah ketersediaan induk yang berkualitas baik untuk menghasilkan benih yang berkualitas dan berkuantitas unggul. Oleh karena itu dalam proses budidaya diperlukan teknik pemeliharaan induk yang baik dan berkualitas yang nantinya akan menghasilkan anakan yang berkualitas juga. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mempelajari secara langsung tentang teknik pemeliharaan induk ikan grass carp di Loka Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar Ngrajek, Kabupaten Magelang. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Loka Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar Ngrajek, Kabupaten Magelang pada tanggal 18 Desember 2017 hingga 18 Januari 2018. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah dengan terjun langsung dalam kegiatan tentang teknik pemeliharaan induk ikan grass carp dan melakukan pengumpulan data selama kegiatan dengan metode deskriptif. Pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara pastisipasi aktif, observasi, dan wawancara. Teknik pemeliharaan induk ikan grass carp di Loka Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar Ngrajek meliputi persiapan kolam yang terdiri dari pengeringan kolam, pemupukan kolam, dan pengisian air kolam. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan induk, seleksi induk, pemberian pakan, pengamatan kualitas air dan penanganan hama dan penyakit.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 114/ 18 Ais t
Uncontrolled Keywords: Grass Carp Fish Parents (Ctenopharyngodon idella) ; Loka Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (The Germination and Freshwater Fish Cultivation) Ngrajek, Magelang Regency.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsEmail
NAFA AISYAH, 141511133048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir.,M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 08 Jan 2019 05:43
Last Modified: 08 Jan 2019 05:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item