ANALISIS PERILAKU PENGGUNA MOBILE PAYMENT DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRATED MODEL ON MOBILE PAYMENT ACCEPTANCE (IMMPA)

FACHRUZIAH WULAN SAFITRI, 081411631012 (2018) ANALISIS PERILAKU PENGGUNA MOBILE PAYMENT DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRATED MODEL ON MOBILE PAYMENT ACCEPTANCE (IMMPA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 34-18 SAF A - ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 34-18 SAF A - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Munculnya teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah alat komunikasi atau ponsel menjadi alat multi fungsi yang dapat melakukan aktivitas berbasis mobile. Layanan berbasis mobile yang yang dapat membantu mengelola transaksi pengguna adalah layanan pembayaran mobile (M-payment). M-payment sedang diadopsi di seluruh dunia dengan cara yang berbeda. Terdapat ketidakpastian mengenai adopsi dan penggunaan teknologi M-payment. Apakah penggunaan sistem akan berlangsung seperti yang diharapkan atau hal tersebut menjadi hambatan bagi keberhasilan penerapan sistem M-payment. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi niat dan perilaku pengguna dalam menggunakan M-payment dengan model Integrated Model of Model Payment Acceptance (IMMPA) yang merupakan integrasi TAM, DOI dan UTAUT. Faktor-faktor yang akan dianalisis berdasarkan model yang diusulkan yaitu kemudahan pengguna, usefulness, keamanan, kompatibilitas dan sikap terhadap layanan M-payment. Penelitian diawali dengan penyeberan kuesioner baik secara langsung maupun tidak langsung kepada pengguna M-payment, sehingga didapatkan 200 responden. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan tools SmartPLS 2.0. Model IMMPA telah diterapkan untuk mengidentifikasi niat dan perilaku pengguna dalam adopsi M-payment di Indonesia. Namun, hasilnya menunjukkan bahwa pengujian model tersebut memiliki nilai R-square yang rendah yaitu kurang dari 50%. Dari hasil peneliatian tersebut juga ditemukan bahwa factor kemudahan pengguna dan sikap terhadap layanan berpengaruh positif terhadap niat melalui factor usefulness. Keamanan dan usefulness berpengaruh positif terhadap niat. Niat berpengaruh positif terhadap perilaku. Sedangkan kemudahan pengguna dan kompatibilitas tidak berpengaruh positif terhadap niat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 34/18 SAF A
Uncontrolled Keywords: IMMPA, TAM, DOI, UTAUT, Mobile Payment
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
FACHRUZIAH WULAN SAFITRI, 081411631012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIRA PUSPITASARI, S.T., M.T., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorARMY JUSTITIA, S.Kom., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 06:16
Last Modified: 09 Jan 2019 08:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item