SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA PADA SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA MENGGUNAKAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW)

ALMIRA HANI, 081411631003 (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA PADA SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA MENGGUNAKAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 35-18 HAN S - ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 35-18 HAN S - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Proses penjurusan pada SMA Muhammadiyah 10 Surabaya masih dilakukan secara manual. Kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan sebanyak empat kriteria. Hal ini membuat proses penjurusan sulit dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan penjurusan siswa menggunakan metode fuzzy simple additive weighting (SAW). Terdapat enam tahapan dalam membangun sistem pendukung keputusan ini. Tahapan pertama adalah pengumpulan dan pengolahan data. Tahap selanjutnya adalah penyelesaian masalah menggunakan metode fuzzy SAW, triangular fuzzy number digunakan pada metode fuzzy SAW. Dilanjutkan dengan perancangan, implementasi, pengujian, dan evaluasi sistem. Untuk pengujian dilakukan dengan pengujian black-box, membandingkan antara output sistem dengan hasil perhitungan menggunakan metode fuzzy SAW, serta membandingkan antara output sistem dengan penjurusan siswa yang saat ini diterapkan pada SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Hasil pengujian menunjukkan output sistem pendukung keputusan penjurusan siswa memiliki kesesuaian 89,2% dengan penjurusan siswa yang saat ini diterapkan di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Sistem juga telah dievaluasi oleh empat calon pengguna dengan hasil persentase total jawaban responden memiliki nilai 87,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 35/18 HAN S
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Simple Additive Weighting, Fuzzy, Sistem Pendukung Keputusan, Triangular Fuzzy Number.
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ALMIRA HANI, 081411631003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorETO WUYARNTO, Drs., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorRIMULJO HENDRADI, Dr., S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 07:09
Last Modified: 09 Jan 2019 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item