TEKNIK PEMIJAHAN IKAN GRASS CARP (Ctenopharyngodon idella) DENGAN RANGSANG OVAPRIM DI LOKA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, KABUPATEN MAGELANG

NADYA CHANDRA PANGESTI RAHAYU, 141511133049 (2018) TEKNIK PEMIJAHAN IKAN GRASS CARP (Ctenopharyngodon idella) DENGAN RANGSANG OVAPRIM DI LOKA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, KABUPATEN MAGELANG. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Aiirlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
PKL PK BP 120 - 18 Rah t-Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PKL PK BP 120 - 18 Rah t.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan grass carp merupakan ikan konsumsi yang dibudidayakan di perairan tawar. Budidaya ikan grass carp (Ctenopharingodon idella) sudah berkembang sejak 25 tahun yang lalu. Ikan grass carp merupakan ikan yang bertelur pada musim hujan. Pemijahan ikan grass carp ini masih sangat dipengaruhi oleh musim. Pemijahan ikan grass carp dapat terjadi secara optimal pada musim penghujan dan sulit terjadi pada musim kemarau. Lamanya pemijahan ikan grass carp dipengaruhi oleh lamanya proses pematangan gonad. Di negara Indonesia ikan grass carp tidak dapat memijah secara alami, maka dari itu pemijahan ikan grass carp ini menggunakan pemijahan buatan dengan cara induced breeding atau bisa menggunakan cara induced spawning. Pemijahan buatan dilakukan dengan memberikan rangsangan menggunakan hormon ovaprim yang disuntikkan pada tubuh ikan untuk merangsang ovulasi. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari secara langsung mengenai teknik pemijahan ikan grass carp dan mengetahui permasalahan yang ada dalam proses pemijahan ikan grass carp. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Loka Perbenihan Dan Budidaya Ikan Air Tawar Ngrajek, Kabupaten Magelang pada 18 Desember 2017-18 Pebruari 2018. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka.Teknik pemijahan buatan ikan grass carp meliputi Seleksi induk, persiapan kolam pemijahan, penyuntikan hormone, Fertilisasi dan penetasan telur. Permasalahan yang terjadi pada kegiatan pemijahan ikan grass carp adalah ketersediaan telur karena lamanya proses kematangan gonad. Peningkatan produksi ikan grass carp dapat tercapai dengan baik apabila ditunjuang dengan ilmu dan teknologi yang tepat serta didukung dengan riset-riset yang nantinya dapat mengembangkan produksi ikan grass carp.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 120/ 18 Rah t
Uncontrolled Keywords: Grass Carp Fish (Ctenopharygodon idella) ; Excitatory Ovaprim ; The LOKA Perbenihan Dan Budidaya Ikan Air Tawar Ngrajek, Magelang Regency.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NADYA CHANDRA PANGESTI RAHAYU, 141511133049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:21
Last Modified: 08 Jan 2019 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item