PEMANFAATAN PERUMUSAN JARAK TRAPEZOIDAL FUZZY NUMBER PADA METODE FUZZY TOPSIS

LANANG ALUN NUGRAHA, 081411631047 (2018) PEMANFAATAN PERUMUSAN JARAK TRAPEZOIDAL FUZZY NUMBER PADA METODE FUZZY TOPSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 37-18 NUG P - ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 37-18 NUG P - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pada metode Fuzzy Technique for Orider of Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS) terdapat beberapa rumus jarak yang digunakan. Rumus jarak tersebut digunakan untuk menghitung jarak antara alternatif dengan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rumus jarak terhadap urutan peringkat yang dihasilkan dalam metode fuzzy TOPSIS. Rumus jarak yang digunakan adalah jarak Euclidean, City Block, Chebyshev, tinggi irisan dua trapesium dan Hamming. Selain itu ada lima TrFN yang digunakan, dua tipe TrFN yang digunakan dibuat dengan memodifikasi tipe TrFN dari studi literatur. Modifikasi dilakukan untuk mengubah TrFN menjadi trapesium dan membuat titik potong berada pada angka nol koma lima, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan jumlah satu pada dua buah garis yang perpotongan. Terdapat dua buah data yang diaplikasikan dengan menggunakan metode fuzzy TOPSIS yaitu data dengan lima dan tujuh variabel linguistik. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rumus jarak yang berbeda menghasilkan hasil urutan peringkat yang berbeda. Penggunaan rumus jarak Euclidean, Chebyshev, dan City Block dalam metode fuzzy TOPSIS menghasilkan urutan peringkat yang sama pada setiap TrFN dan tingkat variabel linguistik. Sedangkan pada jarak tinggi irisan dua trapesium dan Hamming memungkinkan untuk menghasilkan urutan peringkat yang berbeda pada setiap TrFN dan tingkat variabel linguistik karena perbedaan metode perhitungan dari jarak Euclidean, Chebyshev, dan City Block dengan jarak Hamming dan tinggi irisan dua trapesium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 37/18 NUG P
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Fuzzy, Trapezoidal Fuzzy Number.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
LANANG ALUN NUGRAHA, 081411631047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorETO WUYARNTO, Drs., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorFARIED EFFENDI, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:16
Last Modified: 09 Jan 2019 03:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77887
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item