PENYUSUNAN IMPLEMENTATION AND MIGRATION PLAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA PUSAT PEMBINAAN KARIR DAN KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KERANGKA KERJA TOGAF-ADM

DHANIA ULFA AGHNIARAHMAH, 081411631040 (2018) PENYUSUNAN IMPLEMENTATION AND MIGRATION PLAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA PUSAT PEMBINAAN KARIR DAN KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KERANGKA KERJA TOGAF-ADM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 42-18 AGH P - ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 42-18 AGH P - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga berperan sebagai wadah bagi mahasiswa dan alumni untuk mendapatkan pembinaan dan pengembangan karir. Dengan kemajuan teknologi saat ini, PPKK membutuhkan pemanfaatan sistem informasi untuk dapat mengatasi kendalakendala yang ada sehingga membutuhkan Enterprise Architecture Planning (EAP). Sebelumnya, EAP pada PPKK telah disusun dengan menggunakan kerangka kerja TOGAF dari fase preliminary sampai dengan fase opportunities and solution. Penelitian ini akan dilanjutkan pada fase selanjutnya yaitu fase migration planning. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah implementation and migration plan untuk PPKK Universitas Airlangga. Migration planning memiliki enam tahap. Tahap yang pertama adalah mengkoordinasi implementation and migration plan dengan pendekatan enterprise. Tahap kedua adalah menetapkan nilai bisnis berdasarkan work package menggunakan Matrix of Change untuk mengetahui interaksi pada setiap nilai bisnis yang dihasilkan oleh sistem pada PPKK. Tahap ketiga adalah melakukan estimasi kebutuhan sumber daya, waktu, dan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan migrasi. Tahap keempat adalah memprioritaskan proyek migrasi yang akan dikembangkan. Tahap kelima adalah mengkonfirmasi arsitektur transisi untuk melakukan migration planning. Tahap keenam adalah membuat implementation and migration plan yang telah selesai dan dapat dipahami oleh stakeholders. Hasil dari penelitian ini yaitu implementation and migration plan atau rencana migrasi yang merupakan bagian dari Enterprise Architecture Planning yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan proses secara terintegrasi dengan menyatukan aplikasi-aplikasi sistem informasi pada PPKK. Evaluasi dari hasil penelitian menghasilkan pernyataan bahwa implementation and migration plan dapat diterima oleh perusahaan dan dipertimbangkan untuk diimplementasikan dalam beberapa waktu kedepan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 42/18 AGH P
Uncontrolled Keywords: EAP, TOGAF ADM, Migration Planning, Migration Plan, Matrix of Change
Subjects: Q Science
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DHANIA ULFA AGHNIARAHMAH, 081411631040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRA KHARISMA RAHARJANA, S.Kom., M.TUNSPECIFIED
Thesis advisorARMY JUSTITIA, S.Kom., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 10:01
Last Modified: 09 Jan 2019 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77911
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item