Teknik Pembesaran Induk Ikan Nila Merah Nilasa (Oreochromis niloticus) di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Cangkringan Sleman, Yogyakarta.

REYSA SASMAYA WAHYADYATMIKA., 141311133206 (2018) Teknik Pembesaran Induk Ikan Nila Merah Nilasa (Oreochromis niloticus) di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Cangkringan Sleman, Yogyakarta. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP.140 -18 Ady t Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP.140 -18 Ady t.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan budidaya di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat , salah satu komoditas yang menjanjikan yaitu ikan nila merah nilasa. Keunggulan ikan nila merah nilasa adalah cara membudidayakannya mudah, tahan terhadap serangan penyakit, dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman serta mempelajari mengenai teknik pembesaran induk ikan nila merah nilasa (Oreochromis niloticus) di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Cangkringan Sleman Yogyakarta pada tanggal 18 Januari-26 Februari 2015. Metode kerja dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif dan wawancara. Teknik pembesaran ikan nila merah nilasa menggunakan teknik kolam air deras dimana air mengalir dari mata air pegunungan kemudian mengalir pada tiap-tiap kolam budidaya. Pemberian pakan pada calon induk ikan nila merah nilasa ini dilakukan 2 hingga 3 kali sehari apabila kondisi cuaca tidak sedang hujan dan 3 kali sehari apabila cuaca panas. Penerapan biosecurity di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Cangkringan Sleman, Yogyakarta terdiri dari biosecurity terhadap lingkungan dan biosecurity terhadap calon induk ikan nila merah nilasa.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.140 -18 Ady t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembesaran, Induk Ikan Nila Merah Nilasa (Oreochromis niloticus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
REYSA SASMAYA WAHYADYATMIKA., 141311133206UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jan 2019 00:48
Last Modified: 09 Jan 2019 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item