Teknik Pemberian Pakan Buatan Pada Pembesaran Ikan Mas Punten (Cyprinus carpio) di Instalasi Budidaya Air Tawar Punten, Kota Batu, Jawa Timur.

INDAH OKTAVIANTI., 141511133072 (2018) Teknik Pemberian Pakan Buatan Pada Pembesaran Ikan Mas Punten (Cyprinus carpio) di Instalasi Budidaya Air Tawar Punten, Kota Batu, Jawa Timur. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP.158 -18 Okt t Abstrak.pdf

Download (304kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP.158 -18 Okt t.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan mas adalah salah satu komoditas ikan yang memiliki laju pertumbuhan cukup tinggi. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan mas dapat dilihat dari tingkat konsumsi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, dan rasio protein efisiensinya. Faktor- faktor tersebut berkaitan dengan pemberian pakan bahwa pakan yang baik harus memiliki kualitas baik dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan, serta memiliki kandungan energi total yang optimum untuk menunjang pertumbuhan yang maksimum pada ikan. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mengetahui secara langsung tentang teknik pemberian pakan buatan pada pembesaran ikan mas Punten (Cyprinus carpio) di Instalasi Budidaya Air Tawar Punten, Kota Batu, Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Instalasi Budidaya Air Tawar Punten, Kota Batu, Kabupaten Malang. Metode yang digunakan yaitu metode partisipatif dengan mengikuti semua kegiatan secara langsung di lapangan. Jenis pakan yang diberikan selama PKL ada 2 yaitu pakan mandiri dan pakan komersil. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Teknik pemberian pakan menggunakan metode sitasi dengan frekuensi 5% berat biomassa ikan. Pakan mandiri memliki nilai protein 29% dan pakan komersil memiliki protein sebesar 31˗33%. Parameter pengukuran yang digunakan meliputi FCR, SGR, EP, SR, panjang mutlak ikan, GR dan monitoring kualitas air. Hasil pengukuran FCR adalah 1,1 dan pakan komersil 1,2, SGR 0,8% dan 0,7%, EP 90% dan 82%, serta nilai SR 96% dan 100%. Permasalahan yang dihadapi dalam budidaya salah satunya adalah munculnya lumut pada kolam pemeliharaan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.158 -18 Okt t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pemberian Pakan Buatan, Pembesaran Ikan Mas Punten (Cyprinus carpio)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
INDAH OKTAVIANTI., 141511133072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:16
Last Modified: 09 Jan 2019 03:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77981
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item