Penggunaan Vitamin E Untuk Supplement Pakan Pada Induk Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo, Jawa Timur.

SAMUEL RIVELDY ADIDHARMA., 141311133090 (2018) Penggunaan Vitamin E Untuk Supplement Pakan Pada Induk Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo, Jawa Timur. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP.161 -18 Adi p Abstrak.pdf

Download (43kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) merupakan salah satu komoditas sumber daya perairan yang memiliki nilai ekonomis penting dan kegiatan usaha pembesaran terus meningkat.Sementara pasokan benihkuantitasnya masih terbatas.Guna untuk mendukung kegiatan tersebut maka salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah penerapan sistem manajemen induk yang baik dan benar. Indikator keberhasilan dalam sistem manajemen induk adalah mampu menghasilkan telur yang berkualitas dan kuantitas yang cukup memadai. Kualitas telur dapat ditingkatkan antara lain dengan melakukan perbaikan kualitas pakan induk, yaitu dengan penambahan vitamin E untuk mempercepat reproduksi. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk menambahketrampilan, wawasan dan pengetahuan, khususnya dalam kegiatan aplikasi vitamin E pada pakan untuk induk ikan kerapu macan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 18 Januari - 18 Februari 2016. Metode yang digunakan dalam praktek kerja lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan caraobservasi, wawancar, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Salah satu cara yang dilakukan untuk perbaikan nutrisi pada pakan induk yaitu melalui suplementasi vitamin E.Pemberian vitamin E ini juga sangat penting dalam pemeliharaan induk ikan kerapu macan dan juga dapat mempengaruhi reproduksi induk ikan tersebut.Vitamin E adalah vitamin yang berperan penting untuk perkembangan gonad yaitu untuk proses fertilisasi dan memperngaruhi fekunditas.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.161 -18 Adi p (TLP)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Vitamin E, Supplement Pakan, Induk Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH396 Sponge fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsEmail
SAMUEL RIVELDY ADIDHARMA., 141311133090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati, Dr., Ir.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:46
Last Modified: 09 Jan 2019 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item