PEMODELAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERDASARKAN PENDEKATAN REGRESI LOGISTIK BINER DENGAN EFEK ACAK PADA DATA PANEL

AMRINA ROSYADA, 081411831003 (2018) PEMODELAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERDASARKAN PENDEKATAN REGRESI LOGISTIK BINER DENGAN EFEK ACAK PADA DATA PANEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak ST.S. 43 18 Ros p.pdf

Download (147kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext ST.S. 43 18 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan manufaktur merupakan penopang utama perkembangan industri di sebuah negara. Perkembangan industri manufaktur dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk melihat perkembangan industri secara nasional di negara tersebut. Untuk mengetahui kinerja perusahaan manufaktur yang baik dapat dilihat dari nilai profitabilitasnya. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Rasio profitabilitas diukur dengan margin laba bersih atau Net Profit Margin (NPM), rasio ini mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan (profitabilitas) pada tingkat penjualan, asset, dan modal saham tertentu. Semakin besar Net Profit Margin berarti semakin efisien perusahaan tersebut dalam mengeluarkan biaya-biaya sehubungan dengan kegiatan operasinya. Hubungan antara profitabilitas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya akan diteliti sehingga diperoleh model matematisnya. Bentuk matematis ini akan menunjukkan faktorfaktor yang berpengaruh secara signifikan. Variabel prediktor yang diduga mempengaruhi profitabilitas adalah rasio Leverage, Ukuran perusahaan (Size), Likuiditas, dan Tangibility. Dalam melakukan penelitian mengenai profitibilitas, data yang digunakan merupakan data panel yakni gabungan antara data cross section dan time series, karena perlu dilakukan observasi perilaku unit penelitian pada berbagai periode waktu. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan (Annual Report) tahun 2008 – 2016 mengenai data keuangan perusahaan manufaktur yang diunduh dari situs resmi 21 perusahaan terkait. Salah satu analisis statistik yang digunakan untuk menggambarkan permasalahan profitabilitas perusahaan manufaktur dengan observasi perilaku unit penelitian pada berbagai periode waktu adalah analisis regresi logistik biner pada data panel. Pada regresi logistik asumsi kenormalan dan homoskedastisitas tidak diberlakukan. Estimasi parameter model logistik biner dengan efek acak pada data panel menggunakan metode maksimum likelihood estimation (MLE) dengan iterasi Gauss-Hermitte Quadrature. Berdasarkan model terbaik yang diperoleh dari software STATA, faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan manufaktur adalah rasio Leverage dan Tangibility. Hasil uji Likelihood Ratio Test menyatakan bahwa model regresi logistik biner dengan efek acak pada data panel lebih baik dibanding model regresi logistik biner standar dengan ketepatan klasifikasi sebesar 73,54.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 43/18 Ros p
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, NPM, Regresi Logistik, Data Panel, Efek Acak.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMRINA ROSYADA, 081411831003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuliyanto, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
ContributorSediono, Drs. H. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:53
Last Modified: 09 Jan 2019 03:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item