ANALISIS KUALITAS CITRA MRI TUMOR OTAK DENGAN SEKUENS DIFFUSION WEIGHTED IMAGING DAN APPARENT DIFFUSION COEFFICIENT

DAMARA AYU KARTIKASARI, 081311333018 (2018) ANALISIS KUALITAS CITRA MRI TUMOR OTAK DENGAN SEKUENS DIFFUSION WEIGHTED IMAGING DAN APPARENT DIFFUSION COEFFICIENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text (FULL TEXT)
MPF. 41-18 Kar a.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Analisis Kualitas Citra MRI Tumor Otak dengan Sekuens Diffusion Weighted Imaging dan Apparent Diffusion Coefficient yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dengan menggunakan pesawat MRI 1,5 Tesla. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sekuens Diffusion Weighted Imaging (DWI) dan Apparent Diffusion Coefficient (ADC) dengan variasi b-value terhadap kualitas citra MRI pada kasus tumor otak serta mengetahui b-value terbaik yang dapat meningkatkan kualitas citra MRI menggunakan sekuens DWI dan ADC. Variasi b-value yang digunakan adalah 600 s/mm2, 700 s/mm2, 800 s/mm2, dan 900 s/mm2 dengan objek penelitian adalah potongan axial MRI kepala dari 5 pasien. Analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik Region of Interest (ROI) pada komputer MRI kemudian dilakukan analisis Signal to Noise Ratio (SNR), Contrast to Noise Ratio (CNR), dan koefisien difusi. Pengaruh dari variasi b-value adalah semakin kecil nilai b-value, maka akan meningkatkan nilai SNR dan CNR. Kualitas citra optimal untuk dapat menampilkan patologis adalah dengan meningkatnya nilai CNR serta nilai koefisien difusi yang tinggi. Sehingga pada penelitian ini, nilai b-value 600 s/mm2 dapat menentukan citra optimal karena menghasilkan CNR dan koefisien difusi yang tinggi. Kata kunci: b-value, Diffusion Weighted Imaging (DWI), Apparent Diffusion Coefficient (ADC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 41/18 Kar a
Uncontrolled Keywords: b-value, Diffusion Weighted Imaging (DWI), Apparent Diffusion Coefficient (ADC)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
DAMARA AYU KARTIKASARI, 081311333018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryani Dyah Astuti, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorKhusnul Ain, Dr. S.T, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:49
Last Modified: 28 Jun 2019 01:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78019
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item