ANALISIS DAMPAK PERTAMBAHAN ANAK TERHADAP ASET RUMAH TANGGA DAN PENGELUARAN KONSUMSI PER KAPITA RUMAH TANGGA DI INDONESIA

SAMSU PUJI ESTIKA, 041411131138 (2018) ANALISIS DAMPAK PERTAMBAHAN ANAK TERHADAP ASET RUMAH TANGGA DAN PENGELUARAN KONSUMSI PER KAPITA RUMAH TANGGA DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
C 121 18 Est a ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
C 121 18 Est a.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, menganalisis dampak pertambahan anak pada keluarga terhadap aset rumah tangga yang dimiliki di Indonesia dan mengetahui dampak pertambahan anak pada keluarga terhadap pengeluaran per kapita rumah tangga. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan metode Propensity Score Matching (PSM) dan Difference in Difference (DID). Penelitian ini menggunakan data dari IFLS 4 dan IFLS 5. Analisis PSM menghasilkan kelompok common support yang memiliki karakteristik sama. Kemudian diestimasi menggunakan DID yang hasilnya menunjukkan bahwa pertambahan anak pada keluarga memberikan dampak yang signifikan meningkatkan aset rumah tangga. Variabel aset rumah tangga yang signifikan meningkat yaitu rumah yang ditempati, tanah yang dimiliki, aset tetap dan total aset. Hasil lain ditemukan ada indikasi kecenderungan bahwa pertambahan anak mengurangi pengeluaran konsumsi per kapita rumah tangga, meskipun tidak ada bukti secara statistik hal ini mungkin karena merelokasi konsumsi saat ini untuk konsumsi masa depan dengan cara menambah tabungan dalam bentuk aset tetap. Selain itu tidak terdapat dampak yang signifikan pada variabel aset lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 121/18 Est a
Uncontrolled Keywords: pertambahan anak, aset rumah tangga, Propensity Score Matching (PSM), Difference in Difference (DID)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
SAMSU PUJI ESTIKA, 041411131138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRumayya, S.E., M.Reg. Dev., Ph.D.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:47
Last Modified: 09 Jan 2019 04:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78020
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item