ANALISIS STATISTIK SIX SIGMA UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI SUKU CADANG IMPELLER DI CV. WAHANA ADHI PERKASA

NOVALIA WIJAYANTI, 081411831035 (2018) ANALISIS STATISTIK SIX SIGMA UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI SUKU CADANG IMPELLER DI CV. WAHANA ADHI PERKASA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak ST.S. 48 18 Wij a.pdf

Download (132kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext ST.S. 48 18 Wij a.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertanian merupakan penyumbang devisa negara. Dalam peningkatan produksi pertanian dibutuhkan bantuan alat pertanian. Alat pertanian mempunyai masa pakai yang terbatas untuk itu berkembang produsen suku cadang impeller alat pertanian. CV. Wahana Adhi Perkasa selaku produsen alat pertanian selalu membutuhkan peningkatan kualitas produknya secara berkelanjutan. Peningkatan kualitas dapat menggunakan six sigma dengan metode define, measure, analyze, improve, control (DMAIC). Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada tahap define diketahui bahwa pada setiap proses SIPOC ada pengendalian kualitas, didefinisikan bahwa cacat di bagi menjadi tiga kategori yaitu, cacat permukaan kasar, lubang dan retak. Pada tahap measure proses produksi suku cadang impeller memiliki nilai kapabilitas proses 0,88 dengan DPMO sebesar 50,367 yang bila dikonversi ke nilai sigma yaitu 3,14. Pada tahap analyze ditemukan cacat lubang sebesar 43,3. Diagram fishbone menggambarkan penyebab utama terjadinya cacat, yaitu manusia, mesin, metode, material dan lingkungan. Pada tahap improve diberikan diagram FMEA membantu menyusun skala prioritas perbaikan yang akan dilakukan. Pada tahap improve menghasilkan prioritas perbaikan pada cacat lubang karena menghasilkan nilai RPN sebesar 448. Pada tahap control dilakukan standarisasi yang diperlukan dalam penurunan defect.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 48/18 Wij a
Uncontrolled Keywords: DMAIC, FMEA, Six sigma, Peta Kendali, Pareto
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
NOVALIA WIJAYANTI, 081411831035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorSuliyanto, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:04
Last Modified: 09 Jan 2019 06:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item