ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI PADA PROSES CETAK KORAN HARIAN JAWA POS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)

Ayu Dwi Jayanti, 081411831029 (2018) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI PADA PROSES CETAK KORAN HARIAN JAWA POS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak ST.S. 49 18 Jay a.pdf

Download (64kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext ST.S. 49 18 Jay a.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengendalian kualitas produk koran harian Jawa Pos yang mengalami cacat di PT. Temprina Media Grafika Sumengko. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi penyebab defect pada proses produksi adalah metode Six Sigma yang terdiri dari fase Define, Measure, Analyze, serta dengan metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk mengetahui alur produksi, pengukuran terkait proses produksi, analisa jenis kecacatan, penyebab kecacatan dan perbaikan. Dari hasil perhitungan didapatkan data cacat normal dan pengukuran peta kendali P diperoleh hasil bahwa proses produksi in control berada dalam batas kendali. setelah data dinyatakan normal maka dilanjutkan analisis kemampuan proses yang didapatkan data capable. Nilai sigma perusahaan berada pada level 4 sigma setara dengan industri kelas USA. Agar perusahaan dapat mencapai level 6 sigma, maka perusahaan harus dapat menekan cacat hingga 91 unit per 1.000.000 produksi. Berdasarkan analisa terdapat 3 jenis cacat yaitu : cacat tidak register sebesar 40,9, cacat warna kabur sebesar 32,1 dan cacat terpotong sebesar 27,. Penyebab tersebut dianalisis dengan diagram sebab akibat yang terdiri dari lima faktor yaitu, manusia, mesin, bahan baku, metode dan lingkungan tiap jenis cacat. Tahap analisis terakhir menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) yang menghasilkan nilai RPN tertinggi sebesar 576 pada jenis cacat tidak register, sehingga usulan prioritas utama perbaikan yang harus dilakukan adalah melakukan perawatan, perbaikan, dan pengawasan sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk dengan meminimalisir kecacatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 49/18 Jay a
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Koran Jawa Pos, PT Temprina Grafika Media Sumengko, Six Sigma, FMEA (Failure Mode and Effect Analysis).
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsEmail
Ayu Dwi Jayanti, 081411831029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArdi Kurniawan, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
ContributorElly Anna, Ir. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:11
Last Modified: 09 Jan 2019 06:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item