VARIASI BAHASA DALAM KOMUNIKASI ANTARPENUTUR DALAM WEDDING MAHAR AGUNG ORGANIZER DI SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

DIAN DWI ROCHMANIA, 121311133018 (2018) VARIASI BAHASA DALAM KOMUNIKASI ANTARPENUTUR DALAM WEDDING MAHAR AGUNG ORGANIZER DI SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS BI 122 18 Roc v ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 122 18 Roc v FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Variasi Bahasa dalam Proses Komunikasi Wedding Organizer di Surabaya: Kajian Sosiolinguistik” bertujuan untuk mendeskripsikan variasi bahasa dan arti bahasa yang digunakan pada komunikasi wedding Organizer di Surabaya serta menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian variasi bahasa dalam komunikasinya. Interaksi yang terjadi yaitu antara sesama tim wedding organizer, klien, dan juga vendor. Dalam penelitian ini, peneliti turut berpartisipasi pada interaksi yang terjadi dari objek penelitian yang juga menjadi salah satu penutur aktif pada data yang diambil. Objek yang diteliti merupakan salah satu wedding organizer ternama di Surabaya yaitu Mahar Agung Organizer. Lokasi penelitian diantaranya adalah gedung pernikahan, kediaman klien dan juga kantor Mahar Agung Organizer serta mewawancarai salah satu Project Manager Mahar Agung Organizer untuk mencari tahu pengertian variasi bahasa yang terjadi. Variasi bahasa yang digunakan oleh penutur dalam wedding organizer cenderung menggunakan bahasa formal Indonesia, dari bahasa Inggris dan bahasa Jawa sebagai bahasa Interaksi. Wujud dari variasi yang dihasilkan dari penelitian ini terbagi menjadi variasi bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, serta variasi dari bahasa Jawa atau dialek lokal ke dalam bahasa Indonesia yang memiliki bentuk-bentuk yang berbeda, diantaranya terdapat kata, frasa, singkatan dan beberapa istilah dalam wedding organizer. Diikuti dengan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya variasi bahasa tersbut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 122/18 Roc v
Uncontrolled Keywords: variasi bahasa, sosiolinguistik, wedding organizer IR - PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SKRIPSI
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
DIAN DWI ROCHMANIA, 121311133018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNi Wayan Sartini, Dr. i, Dra.,M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:12
Last Modified: 09 Jan 2019 06:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item