WACANA IKLAN KOMERSIAL KECANTIKAN DI TELEVISI: BERDASARKAN MAKSIM CARA GRICE

DEVI RAHMASARI, 121411131022 (2018) WACANA IKLAN KOMERSIAL KECANTIKAN DI TELEVISI: BERDASARKAN MAKSIM CARA GRICE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS BI 123 18 Rah w ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 123 18 Rah w.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian berjudul “Wacana Iklan Komersial Kecantikan di Televisi: Berdasarkan Maksim Cara Grice” ini terbatas pada wacana iklan komersial di Televisi. Tujuan penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan ketaatan maksim cara Grice dalam wacana iklan komersial kecantikan di televisi dan faktor-faktor yang menyebabkan maksim cara Grice itu ditaati. (b) mendeskripsikan pelanggaran maksim cara Grice dalam wacana iklan komersial kecantikan di televisi dan faktor-faktor yang menyebabkan maksim cara Grice itu dilanggar (c) mendeskripsikan aspek-aspek yang dapat membantu meningkatkan daya pikat calon konsumen pada iklan komersial kecantikan di televisi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Hasil analisis data menunjukkan adanya wacana persuasi dalam bentuk tindak tutur direktif dari penutur kepada mitra tutur untuk mengetahui bahwa tuturan tersebut telah mentaati prinsip kerja sama Grice khususnya maksim cara yaitu penutur selalu berusaha agar tuturannya relevan dengan konteks, secara jelas, mudah dipahami, sesuai dengan kebutuhan informasi, serta faktor yang menyebabkan ketaatan maksim cara adalah penutur ingin menyampaikan pesan secara langsung, tidak berlebihan, tidak berbelit-belit, secara jelas dan untuk mengetahui pelanggaran prinsip kerja sama Grice khususnya maksim cara yaitu apabila penutur dalam penyampaikan informasi tidak secara jelas, berbelit-belit dan berlebihan serta faktor yang menyebabkan pelanggaran maksim cara adalah penutur tidak menyampaikan pesan secara tidak langsung, berlebihan dan tidak dipahami. Selanjutnya ditemukan aspek verbal berupa pilihan kata maupun aspek nonverbal berupa gambar, warna, musik yang memiliki daya pikat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 123/18 Rah w
Uncontrolled Keywords: iklan komersial di Televisi, iklan kecantikan, pragmatik, maksim
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
DEVI RAHMASARI, 121411131022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTubiyono, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:25
Last Modified: 09 Jan 2019 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item