PENGARUH STORYTELLING TERHADAP THEORY OF MIND ANAK USIA PRASEKOLAH

NOVIA SOLICHAH, 111614153010 (2018) PENGARUH STORYTELLING TERHADAP THEORY OF MIND ANAK USIA PRASEKOLAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (621kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah storytelling memiliki pengaruh terhadap kemampuan Theory of Mind pada anak usia prasekolah. Pada dasarnya anak-anak usia prasekolah mulai menyadari bahwa setiap individu memiliki pikiran, perasaan, keinginan, dan kondisi-kondisi mental lain yang berbeda dengan dirinya. Kesadaran inilah yang dikenal dengan istilah Theory of Mind. Theory of Mind merupakan hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini supaya anak dapat memahami diri dan juga orang lain. Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Storytelling merupakan kegiatan yang berlandaskan pada perkembangan bahasa, dimana bahasa merupakan salah satu prediktor yang baik untuk melihat perkembangan Theory of Mind (Farrar & Maag, 2002). Fernandez (2011) menemukan adanya hubungan antara Theory of Mind (ToM) dan kemampuan bahasa pragmatik melalui storytelling untuk anak usia prasekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 anak yang berusia 4-5 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, di mana peneliti mengukur kemampuan Theory of Mind sebelum dan sesudah intervensi dilakukan. Peneliti menggunakan skala Theory of Mind yang telah diadaptasi oleh Puteri (2014) dari Wellman & Liu (2004) untuk mengukur theory of mind. Storytelling dilakukan setiap hari kepada anak selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling cukup berpengaruh terhadap kemampuan Theory of Mind dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 Serta effect size sebesar 0,63

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 33/18 Sol p
Uncontrolled Keywords: theory of mind, storytelling, preschooler
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
NOVIA SOLICHAH, 111614153010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi Retno Suminar, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:30
Last Modified: 09 Jan 2019 06:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item