EFEKTIVITAS PELATIHAN TUNING IN TO KIDS UNTUK MENINGKATKAN EMOTION COACHING IBU DARI ANAK USIA KANAK-KANAK AWAL

MAI TIZA HUSNA, 111614153004 (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN TUNING IN TO KIDS UNTUK MENINGKATKAN EMOTION COACHING IBU DARI ANAK USIA KANAK-KANAK AWAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karakteristik utama emosi anak pada usia kanak-kanak awal adalah emosi yang kuat dan meledak-ledak. Ibu harus merespon emosi tersebut dengan tepat agar tidak memberikan dampak negatif terhadap perkembangan emosi anak. Salah satu cara yang tepat untuk merespon emosi anak adalah emotion coaching yang merupakan kemampuan ibu secara aktif mendengarkan ekspresi perasaan anaknya, menerima perasaan anaknya dan memberikan bimbingan dalam menentukan batas perilaku ketika anak sedang emosi. Namun, saat ini masih banyak orang tua yang memiliki emotion coaching rendah dan merespon emosi anak dengan cara negatif seperti menghukum dan mengancam. Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan emotion coaching ibu dalam merespon emosi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan Tuning in to kids dalam meningkatkan emotion coaching ibu dari anak usia kanak-kanak awal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain non randomized pretest postest control group design.. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 orang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala Maternal Emotional Style Quastionnare (7 item) yang dikembangkan oleh Lagace-Seguin dan Coplan (2005). Analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor emotion coaching yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pelatihan Tuning in to kids memberikan efek yang besar dalam meningkatkan emotion coaching ibu. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan Tuning in to kids efektif untuk meningkatkan emotion coaching ibu dari anak usia kanak-kanak awal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 37/18 Hus e
Uncontrolled Keywords: Tuning in to kids Training, Emotion Coaching, Mother, Early Childhood Bibliography,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MAI TIZA HUSNA, 111614153004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Kurniati Ambarini, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:59
Last Modified: 09 Jan 2019 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item