PEMETAAN JENIS LAMUN DI PANTAI SIRONDO BALANAN RESOR TAMAN NASIONAL BALURAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI

AULIA FIKAR FADILLA, 081111034 (2018) PEMETAAN JENIS LAMUN DI PANTAI SIRONDO BALANAN RESOR TAMAN NASIONAL BALURAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Fulltext)
ST TL 13 18 Fad p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan profil Pantai Sirondo berdasarkan genus lamun, jenis substrat, dan suhu dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Lokasi dalam penelitian ini adalah Pantai Sirondo, Taman Nasional Baluran dengan titik koordinat 7o48’432”S 114o27’213’E. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah genus lamun, jenis substrat, dan suhu. Metode yang digunakan adalah menggunakan Transek Belt yang terdiri dari lima transek dengan jarak enam meter per transek. Setiap transek berjumlah 15 plot dengan jarak empat meter per plot. Profil yang dianalisis berdasarkan genus lamun dan jenis substrat dianalisis sejajar garis pantai, sedangkan suhu dianalisis tegak lurus dengan garis pantai. Hasil penelitian ini menunjukkan profil Pantai Sirondo berdasarkan genus lamun ditemukan Halodule, Halophila, dan Syringodium pada lima plot pertama. Genus lamun Enhalus, Halophila, Halodule, Thalassodendron, dan Syringodium ditemukan pada lima plot kedua. Genus lamun selanjutnya ditemukan Cymodocea, Syringodium, Halodule, Thalassodendron, Enhalus, dan Halophila ditemukan pada lima plot ketiga. Profil Pantai Sirondo berdasarkan jenis substrat ditemukan substrat kerikil dan pasir pada lima plot pertama. Jenis substrat lumpur dan pasir ditemukan pada lima plot kedua. Jenis substrat lumpur yang didominasi keberadaanya pada lima plot ketiga. Profil Pantai Sirondo berdasarkan parameter suhu pada lima transek, yaitu suhu 28oC di transek A hingga C, suhu 30oC di transek D, dan suhu 32oC di transek E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST TL 13/18 Fad p
Uncontrolled Keywords: ArcGIS, Lamun, Pantai Sirondo, Pemetaan, Transek
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G1-922 Geography (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
AULIA FIKAR FADILLA, 081111034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThin Soedarti, Dra. , CESAUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:01
Last Modified: 10 Jan 2019 08:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item