TUNTUTAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATOR TERHADAP PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL DAN MODAL PSIKOLOGIS DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA SALES

NURINA WULAN PURNAMI, 111514153036 (2018) TUNTUTAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATOR TERHADAP PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL DAN MODAL PSIKOLOGIS DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA SALES. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (391kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bisnis distribusi di masa kini tidak hanya membutuhkan sales dengan keterampilan menjual yang baik, namun juga membutuhkan sales yang memiliki kualitas pelayanan yang baik sehingga mampu bersaing untuk mencapai target. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki tingkat keterikatan kerja yang tinggi secara positif terkait dengan kualitas layanan pelanggan yang lebih baik dan juga meningkatkan profitabilitas melalui produktivitas yang lebih tinggi. Penelitian ini menguji pengaruh persepsi dukungan organisasional dan modal psikologis terhadap keterikatan kerja dengan tuntutan pekerjaan sebagai moderator. Penelitian ini menggunakan Utrecht Work Engagement Scale (UWES), Survey of Perceived Organizational Support - 16 vers (SPOS), Psychological Capital Quetionnaire (PCQ) dan Job Demands Resource Questionaire (JDR-Q). Total subyek dalam penelitian ini ialah sebanyak 77 sales Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa tuntutan pekerjaan memoderasi pengaruh antara persepsi dukungan organisasional dan modal psikologis pada keterikatan kerja. Selanjutnya, tuntutan pekerjaan tinggi, itu mengurangi pengaruh antara persepsi dukungan organisasional dan modal psikologis terhadap keterikatan kerja (R2: 0,753). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa baik persepsi dukungan organisasional dan modal psikologis memiliki pengaruh positif dan langsung terhadap keterikatan kerja (R2: 0,693). Studi ini menawarkan kontribusi untuk pemahaman terkait interaksi antara keterikatan kerja, persepsi dukungan organisasional, modal psikologis dan tuntutan kerja dalam lingkup organisasi. Implikasi dan keterbatasan dalam penelitian ini dibahas secara rinci selanjutnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 40/18 Pur t
Uncontrolled Keywords: perceived organizational support, psychological capital, sales, work engagement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
NURINA WULAN PURNAMI, 111514153036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSeger Handoyo, Dr.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 07:44
Last Modified: 09 Jan 2019 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item