PENGGAMBARAN WANITA IDEAL JEPANG DALAM SIMBOL BUDAYA PADA VIDEO KLIP MUSIK “MEGITSUNE” OLEH IDOL GROUP BABYMETAL (SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

NADHIEA RYANT AYU PERMATHA, 121211333021 (2018) PENGGAMBARAN WANITA IDEAL JEPANG DALAM SIMBOL BUDAYA PADA VIDEO KLIP MUSIK “MEGITSUNE” OLEH IDOL GROUP BABYMETAL (SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FS J 36-18 PER P - ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 36-18 PER P - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Idol group merupakan salah satu produk industri budaya populer Jepang yang telah menjadi fenomena di Jepang dan berbagai belahan dunia lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi media massa yang berkembang, idol group mendapatkan kesempatan untuk menyuarakan konsep, identitas, hingga ideologi mereka dalam karyanya kepada dunia internasional. Salah satunya adalah dengan menggunakan video klip musik yang diunggah dalam situs untuk dikonsumsi masyarakat secara luas. Salah satu idol group yang berhasil menggunakan peluang tersebut adalah BABYMETAL. BABYMETAL telah memukau dunia dengan video klip musik mereka yang berjudul “Megitsune”, di mana dengan estetika yang ekstrim dalam setiap elemen visualnya, BABYMETAL mencoba mengkomunikasikan gambaran citra wanita ideal Jepang dengan menggunakan simbol-simbol yang masih berkaitan dengan budaya Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan objek kajian berupa video klip musik BABYMETAL yang berjudul “Megitsune” untuk menganalisis bagaimana gambaran citra wanita yang disampaikan BABYMETAL melalui video klip musik “Megitsune” Hasil penelitian ini adalah bahwa video klip yang berjudul “Megitsune” mengkomunikasikan ketangguhan seorang wanita Jepang dalam menghadapi kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. J 36/18 Per p
Uncontrolled Keywords: Babymetal, Megitsune, Peirce, Semiotika, Wanita,
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NADHIEA RYANT AYU PERMATHA, 121211333021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTIA SARASWATI, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:22
Last Modified: 09 Jan 2019 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item