PEMANFAATAN PUPUK HAYATI DAN VARIASI TANAH KOMPOS PADA PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DALAM POLYBAG

RENNY OKTAVIANTY, 081411431001 (2018) PEMANFAATAN PUPUK HAYATI DAN VARIASI TANAH KOMPOS PADA PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DALAM POLYBAG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah permintaan cabai yang terus meningkat dan lahan pertanian yang semakin sempit, serta penggunaan pupuk kimia secara terus menerus yang menyebabkan rusaknya tanah sehingga dapat menurunkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi frekuensi pupuk hayati dan variasi tanah kompos terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman cabai rawit (C. frutescens L.), serta nilai RAE (Relative Agronomic Effectiveness). Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dan pola faktorial 3 x 3. Masing–masing perlakuan terdiri dari 3 kali ulangan dan setiap ulangan terdiri atas 2 tanaman. Pada penelitian ini terdapat perlakuan kontrol dan perlakuan uji. Pada perlakuan kontrol terdiri dari kontrol positif atau K+ (pemberian NPK/pupuk kimia dan media tanam tanah saja) dan kontrol negative atau K- (tanpa pemberian pupuk hayati dan media tanam tanah saja). Pada perlakuan uji terdiri atas kombinasi pemberian pupuk hayati sebanyak 15 mL/tanaman dengan frekuensi 1 kali dalam 7 Hari Sesudah Tanam (HST), 2 kali dalam 30 HST (pemberian pada 7 dan 30 HST), dan 3 kali dalam 60 HST (pemberian pada 7, 30 dan 60 HST), dengan perbandingan tanah dan kompos sebagai media tanam 1:1, 1:2, dan media tanam tanah saja. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) dua arah (Two Way Anova) dengan derajat signifikansi 0,05, kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi frekuensi pupuk hayati dan variasi tanah kompos memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman cabai rawit (C. frutescens L.). Hasil terbaik untuk parameter pertumbuhan ditunjukkan oleh perlakuan B3M2 (frekuensi pemberian pupuk hayati 3 kali dalam 60 HST dan media tanam tanah dengan kompos 1 : 2) yang tidak berbeda signifikan dengan K+. Pada produktivitas yang meliputi jumlah dan berat buah adalah perlakuan B3M2 dan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan B3M1 (frekuensi pemberian pupuk hayati 3 kali dalam 60 HST dan media tanam tanah dengan kompos 1 : 1). Penggunaan pupuk hayati untuk produktivitas tanaman dapat dinyatakan efektif, karena nilai RAE tertinggi mencapai 1164,36% yaitu pada perlakuan B3M2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 48/18 Okt p
Uncontrolled Keywords: Pupuk hayati, pupuk kompos, pertumbuhan, produktivitas Capsicum frutescens L.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture > SB950-990.5 Pest control and treatment of diseases. Plant protection
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RENNY OKTAVIANTY, 081411431001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgus Supriyanto, M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorH. Hery Purnobasuki, Prof., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:16
Last Modified: 09 Jan 2019 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78079
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item