PENGARUH POLA ASUH (AUTHORITATIVE, AUTHORITARIAN, PERMISSIVE, DAN NEGLIGENT) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA TAMAN SISWA MALANG

Melly Amalia Vardia, 111514253011 (2018) PENGARUH POLA ASUH (AUTHORITATIVE, AUTHORITARIAN, PERMISSIVE, DAN NEGLIGENT) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA TAMAN SISWA MALANG. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (59kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting untuk mempersiapkan individu dalam menghadapi tantangan, hal ini sebagaimana yang dinyatakan dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Usaha untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan dilakukan dengan cara meningkatkan motivasi diri dalam berprestasi. Motivasi berprestasi mengacu pada pendapat McClelland (1987) yaitu keinginan untuk melakukan sesuatu dengan semaksimal mungkin, bukan untuk mendapatkan pengakuan sosial atau sebagai prestis, namun untuk pemuasan batin atau untuk mencapai prestasi pribadi. Motivasi berprestasi dapat dipengaruhi dar faktor internal yaitu daya juang atau adversity quotient (Schunk, 2012) , sedangkan pada faktor internal dapat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua (Schunk, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa di SMA Taman Siswa Malang, Penelitian ini dilakukan di SMA Taman Siswa Malang, dengan jumlah subjek 88 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpul data berupa kuisioner mengenai motivasi berprestasi, dan adversity quotient, yang disusun sendiri oleh peneliti. Sedangkan, skala pola asuh diadaptasi dari parenting style scale milik Gafoor & Kurukkan (2014). Skala motivasi berprestasi terdiri dari 31 item valid dengan reliabilitas 0,874. Skala pola asuh pada dimensi responsiveness terdiri dari 18 item valid dengan reliabilitas 0,906, sedangkan pada dimensi demandingness terdiri dari 18 item dengan reliabilitas 0,900. Skala adversity quotient terdiri dari 29 item dengan reliabilitas 0,918. Teknik analisis data menggunakan model regresi linier berganda dengan variabel dummy. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan variabel dummy. Hasil dari uji regresi diketahui bahwa terdapat pengaruh pola asuh dan adversity quotient secara bersamaan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMA Taman Siswa Malang sebesar 52,4%, sedangkan sisanya dapat dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Hasil dari uji regresi secara terpisah juga diketahui bahwa pada pola asuh kategori authoritative, permissive, negligent secara terpisah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa SMA Taman Siswa Malang, sedangkan pola asuh kategori authoritarian tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa SMA Taman Siswa Malang. Hasil dari uji regresi secara terpisah juga diketahui bahwa terdapat pengaruh adversity quotient secara signifikan terhadap motivasi berprestasi pada siswa di SMA Taman Siswa Malang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 46/18 Var p
Uncontrolled Keywords: Parenting Style, Adversity Quotient, Achievement
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Melly Amalia Vardia, 111514253011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:44
Last Modified: 09 Jan 2019 08:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item