MAKNA OLAHRAGA SKATEBOARD MENURUT ANGGOTA KOMUNITAS SKATEBOARD DI ARENA BMX DAN SKATE BOARD KOTA SURABAYA

GANES EDITYA SADEWO, 071115084 (2018) MAKNA OLAHRAGA SKATEBOARD MENURUT ANGGOTA KOMUNITAS SKATEBOARD DI ARENA BMX DAN SKATE BOARD KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.94 18 Sad m.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.94 18 Sad m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.94 18 Sad m.pdf

Download (224kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang makna olahraga skateboard menurut anggota komunitas di Arena BMX dan Skate Board terkait skateboard. Sebagaimana diketahui bahwa Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan skateboard cukup baik. Pemaknaan skateboard yang terjadi mengenai skateboard saat ini cenderung sebagai olahraga yang mampu memberikan prestasi bagi yang melakukan. Namun, tidak semua anggota komunitas di Surabaya, khususnya anggota komunitas di Arena BMX dan Skate Board terkait skateboard memiliki pemaknaan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian berupa penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan studi pustaka. Setelah data hasil wawancara telah terkumpul kemudian dilakukan analisis secara deksriptif dan sebelumnya dilakukan terlebih dahulu triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa makna mengenai skateboard pada anggota komunitas di Arena BMX dan Skate Board Surabaya dijelaskan melalui empat hal, yakni nilai sosial, motif, pesan artifakral, dan pengalaman. Pada nilai sosial, menjelaskan bahwa anggota komunitas dapat mengenal dan memperoleh pengetahuan tentang skateboard dari orang yang berada di lingkungan terdekat. Kemudian pada motif, diketahui bahwa menurut anggota komunitas di Arena BMX dan Skate Board Surabaya, skateboard merupakan sebuah wadah untuk bersosialisasi dengan anggota komunitas lain. Pada pesan artifakral, menjelaskan bahwa identitas dari permainan skateboard seorang anggota komunitas dapat ditunjukkan melalui pakaian, perlengkapan, dan arena tempat bermain skateboard. Selanjutnya yang terakhir, pada pengalaman dalam memainkan skateboard, diketahui memiliki makna bagian dari proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan dalam bermain skateboard. Secara keseluruhan makna olah raga skateboard menurut anggota komunitas mengalami pergeseran makna kea rah gaya hidup. Anggota komunitas cenderung menjalani aktivitas latihan skateboard sebagai upaya untuk menghabiskan waktu luang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.94/18 Sad m
Uncontrolled Keywords: Kontruksi makna, skateboard, olahraga, dan komunitas.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
S Agriculture > SK Hunting sports > SK1-664 Hunting sports
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GANES EDITYA SADEWO, 071115084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 09:26
Last Modified: 09 Jan 2019 09:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item