PERSEPSI REMAJA GENERASI Z DI SURABAYA TERHADAP PREFERENSI MEREK SITUS ONLINE MARKETPLACE BUKALAPAK

AULLIA RAHMA PRAYEKTI, 071311533096 (2018) PERSEPSI REMAJA GENERASI Z DI SURABAYA TERHADAP PREFERENSI MEREK SITUS ONLINE MARKETPLACE BUKALAPAK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.100 18 Pra p.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.100 18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.100 18 Pra p.pdf

Download (417kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengenai persepsi remaja generasi Z di Surabaya terhadap preferensi merek yang terbentuk pada situs online marketplace Bukalapak. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena melihat adanya persaingan situs online marketplace yang selalu berubah setiap saat dan dikaitkan dengan karakteristik remaja generasi Z yang up-to-date, suka berganti preferensi dan konsumtif. Maka, penelitian ini akan berfokus pada preferensi merek situs online marketplace Bukalapak dan faktor apa yang berperan penting dalam pembentukan preferensi tersebut. Kerangka teori pada penelitian ini menggunakan teori brand preference berdasarkan karakteristik situs online marketplace dan remaja generasi Z. Hipotesa yang terbentuk adalah situs online marketplace Bukalapak menjadi pilihan remaja generasi Z di Surabaya dalam berbelanja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan objek penelitian secara sistematis, faktual dan akurat. Metode yang dilakukan adalah dengan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja generasi Z di Surabaya memilih situs online marketplace Bukalapak sebagai pilihan dalam berbelanja]. Dapat diketahui bahwa faktor yang lebih berperan dalam pembentukan preferensi merek situs online marketplace Bukalapak adalah faktor eksternal merek. Hal ini dapat dikaitkan dengan kualitas jasa dan manfaat yang ditawarkan, serta reputasi merek yang positif pada situs online marketplace Bukalapak. Generasi Z memiliki karakteristik yang menyukai kemudahan, kepraktisan dan kecepatan dalam proses transaksi di situs online marketplace Bukalapak. Generasi Z mementingkan manfaat yang dapat diberikan dari situs online sebagai salah satu alasan dalam membentuk preferensi merek situs online marketplace Bukalapak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.100/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Brand Preference, Consumer Perception, Online Marketplace, Bukalapak, Generasi Z
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AULLIA RAHMA PRAYEKTI, 071311533096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, S.IP., M.Comm.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 10:10
Last Modified: 09 Jan 2019 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item