KONSTRUKSI WACANA DAN KOMODIFIKASI MENSTRUASI DALAM IKLAN PEMBALUT DI INDONESIA

PUSPITA NURFADHILLAH BAIDHOWI, 071411531061 (2018) KONSTRUKSI WACANA DAN KOMODIFIKASI MENSTRUASI DALAM IKLAN PEMBALUT DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.102 18 Bai k.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.102 18 Bai k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.102 18 Bai k.pdf

Download (654kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana menstruasi diwacanakan dalam iklan pembalut di televisi Indonesia. Objek penelitian ini adalah 7 iklan pembalut dengan merek Charm, Laurier, Softex, Kotex, dan Hers Protex. Penelitian ini signifikan untuk dilakukan karena iklan pembalut merupakan produk budaya yang dapat merefleksikan wacana dominan tentang menstruasi yang ada di masyarakat. Penelitian ini juga berusaha mengungkap praktik komodifikasi yang dilakukan oleh industry pembalut terhadap menstruasi perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Norman Fairclough dan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Berdasarkan rumusan masalah yang ditanyakan, peneliti menjelaskan hasil temuan dalam tiga tema besar yang terdiri dari teknik persuasi iklan pembalut, konstruksi wacana menstruasi, serta pergeseran makna dan komodifikasi menstruasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membentuk pesan persuasinya, iklan pembalut menggunakan wacana tertentu dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti interpretasi terhadap ajaran agama, budaya, regulasi periklanan, dan motivasi ekonomi. Iklan pembalut juga mewacanakan menstruasi sebagai stigma dan noda dari citra perempuan sebagai objek seksual. Menstruasi menjadi permasalahan bagi kehidupan perempuan yang dapat terselesaikan dengan menggunakan produk pembalut yang diiklankan. Industri pembalut mengkomodifikasi menstruasi perempuan dengan mengekploitasi rasa khawatir dan memperkuat stigma dan tabu menstruasi melalui iklan televisinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.102/18 Bai k
Uncontrolled Keywords: menstruasi, iklan pembalut, analisis wacana kritis, teknik persuasi, kontruksi wacana, komodifikasi
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
PUSPITA NURFADHILLAH BAIDHOWI, 071411531061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTitik Puji Rahayu, S.Sos., M.Comms., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 10:30
Last Modified: 09 Jan 2019 10:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78114
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item